PROFIL KONSTRUKSI JAWABAN MATEMATIKA BERDASARKAN PERSONALITY SISWA DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

YANUAR KUSUMA RADANI, 1724143264 (2018) PROFIL KONSTRUKSI JAWABAN MATEMATIKA BERDASARKAN PERSONALITY SISWA DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Konstruksi Jawaban Matematika Berdasarkan Personality Siswa Di SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Yanuar Kusuma Radani, NIM. 1724143264, pembimbing Miswanto, M.Pd Kata Kunci: Konstruksi Jawaban Matematika, Personality Salah satu aspek penting dalam penyelesaian masalah matematika adalah kemampuan konstruksi jawaban siswa. Kemampuan mengkonstruksi jawaban yang dimiliki siswa merupakan salah satu kegiatan berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan matematika, salah satunya masalah matematika konstektual. Masalah matematika kontekstual membuat siswa menjadi penasaran dan berusaha untuk memecahkan masalah, dalam hal ini materi trigonometri. Dalam mengkonstruksi jawaban, tentu terdapat perbedaan yang disebabkan oleh personality (kepribadian) yang berbeda pada masing-masing siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui profil konstruksi jawaban matematika oleh siswa berdasarkan personality di SMAN 1 Tulungagung, 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tipe personality siswa terhadap konstruksi jawaban matematika. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMAN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan wawancara. Kuesioner tersebut digunakan untuk mengetahui personality siswa. Tes yang diberikan adalah tes materi trigonometri berbasis masalah. Teknik wawancara digunakan untuk mendalami bagaimana konstruksi jawaban subjek. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan konstruksi jawaban subyek ekstrovert dan introvert. Berdasarkan hasil penelitian profil konstruksi jawaban matematika kedua subyek, pada langkah memodifikasi pemahaman masalah relatif sama hanya saja subyek introvert lebih teliti dalam merumuskan permasalahan. Pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, kedua subyek mampu memunculkan ide dan rumus. Pada langkah pelaksanaan pemecahan masalah, terdapat perbedaan yaitu subyek ekstrovert kurang memperhatikan penulisan aturan dengan baik, sedangkan subyek introvert mampu menuliskan penyelesaian dengan aturan yang benar. Sedangkan pada langkah memeriksa kembali dan memperbaiki jawaban, subjek ekstrovert tidak mengevaluasi langkah-langkah penyelesaian masalah, sedangkan subjek introvert mengevaluasi langkah-langkah penyelesaian masalah bahkan mampu menerapkan strategi lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143264 YANUAR KUSUMA RADANI
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:37
Last Modified: 21 Sep 2018 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item