BINTI ANISA, 1725143042 (2018) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MI MIFTAHUL HUDA NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (452kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (255kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (313kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung” yang ditulis oleh Binti Anisa, NIM. 1725143042, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Ibu Musrikah S.Pd.I M.Pd. Kata kunci : Identifikasi, Kesulitan Belajar, Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, terlebih pada mata pelajaran matematika. Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik disebabkan oleh berbagai macam faktor. Kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik harus diketahui oleh guru mata pelajaran, kemudian mencari solusi yang tepat serta mengatasi kesulitan belajar tersebut agar tercapai tujuan pendidikan yang sesuai diharapkan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apa saja jenis-jenis kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung? 2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung? 3) Upaya apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan yaitu dari guru mata pelajaran matematika kelas IV, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data bagaimana kompetensi guru, kegiatan pembelajaran guru, dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman peserta didik terhadap materi pecahan. Wawancara digunakan untuk menggali data tentang peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang dokumen sekolah dan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam proses pembelajaran Matematika. Hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti yaitu 1) Jenis kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik kelas IV MI MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung, yaitu, ketidak mampuan peserta didik dalam penguasaan konsep secara benar, kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, gangguan tingkah laku, kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan, kesulitan belajar akademik, ketidak tertarikan, ketidakmampuan menguasai prosedur aritmatika, lambat belajar, ketidak cermatan menggunakan oprasi hitung. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan peserta didik Kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulunggung, yaitu faktor kondisi fisik, faktor lingkungan, faktor motivasi atau sikap, faktor psikologis. 3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pecahan peserta didik Kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung, yaitu melakukan pendekatan secara individu, melakukan bimbingan, memberikan kebiasaan untuk berlatih mengerjakan soal, memotivasi peserta didik, dan melakukan evaluasi. Skripsi ini bermanfaat bagi guru matematika kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung yaitu sebagai sumbangan pemikiran dalam mengetahui kesulitan belajar dan mencari solusi untuk mengatasi kesulitan belajar. Bagi peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Ngantru Tulungagung sebagai bahan renungan untuk memperbaiki belajarnya sehingga prestasi belajar meningkat. Bagi para peneliti lain sebagai bahan referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143042 BINTI ANISA |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:28 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9459 |
Actions (login required)
View Item |