PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELASIV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUSTAFIDZ ALFARUKI, 1725143194 (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELASIV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mustafidz Alfaruki NIM. 1725143194. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Bermain Peran (Role Playing), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan islam. Proses pembelajaran dirasa kurang menarik, peserta didik cenderung bosan dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh kepada motivasi dan hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan peseta didik agar motivasi dan hasil belajarnya meningkat, yaitu dengan metode Bermain peran (Role Playing). Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Jenuh. Sampel yang dipilih adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan penghitungan uji t angket motivasi diperoleh nilai sig (2-tailed ) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, (2) Berdasarkan penghitungan uji t post test diperoleh nilai sig (2-tailed ) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode Bermain Peran (Role playing) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung (3) Berdasarkan penghitungan uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai keempat p-value (sig) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode Bermain Peran (Role playing) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143194 MUSTAFIDZ ALFARUKI
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:16
Last Modified: 25 Sep 2018 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item