ERNA LUFIANA, 172514308 (2018) MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Model dan Metode Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.” Ini ditulis oleh Erna Lufiana yang dibimbing oleh Dr. H Zaini Fasya, S.Ag., M. PdI. Kata kunci : Model pembelajaran, metode pembelajaran, kurikulum 2013 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang tahunya praktisi pendidikan (guru, mahasiswa, dosen, calon guru) tentang perbedaan antara model dan metode pembelajaran. Hal ini ditandai dengan sering adanya pertanyaan serta perdebatan tentang perbedaan antara model dan metode pembelajaran dibangku-bangku perkuliahan. Sementara itu, dalam kurikulum 2013 menawarkan banyak sekali jenis model dan metode pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menelaah model serta metode apasajakah yang diterapkan pada implementasi kurikulum 2013 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) bagaimana model dan metode pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung 2) bagaimana perbedaan antara model dan metode pembelajaran di SDI Miftahul huda? 3) bagaimana hambatan guru dalam menerapkan model dan metode pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui macam model serta metode pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum 2013. 2) Mengetahui perbedaan model dan metode pembelajaran yang ditelaah dalam segi praktek dan teori. 3) Mengetahui hambatan-hambatan guru dalam pelaksanaan model dan metode pembelajaran kurikulum 2013 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur pada beberapa guru kelas dan kepala sekolah, serta dengan cara dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan empat tahapan yakni uji kreadibilitas (kepercayaan), transferability (keteralihan), dependability (kebergantungan), dan confirmability (kepastian). Hasil penelitian menunjukkan ada 17 model pembelajaran dan 7 metode pembelajaran yang digunakan dalam implementasi kurikulum 2013 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Perbedaan model dan metode pembelajaran terletak pada pola keseluruhan dalam sistem pembelajara. Model pembelajaran luas dari metode pembelajaran. Hambatan guru pada implementasi kurikulum 2013 diantaranya yakni terletak pada pendistribusian buku, kurangnya media serta kurangnya dukungan dari orangtua siswa.luas dari metode pembelajaran. Hambatan guru pada implementasi kurikulum 2013 diantaranya yakni terletak pada pendistribusian buku, kurangnya media serta kurangnya dukungan dari orangtua siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 172514308 ERNA LUFIANA |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 01:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 01:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9494 |
Actions (login required)
View Item |