EKA YULIANASARI, 175615015 (2018) PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PESANTREN PUTRI Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Hidayatul Mub’tadiin Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Gading Mangu Perak Jombang Tahun 2017. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Berbasis Kompetensi dalam membentuk Karakter Santri di Pesantren Putri (Studi Multisitus di Podok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Gading Mangu Perak Jombang)” ini ditulis oleh Eka Yulianasari dengan dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M. Ag dan Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata Kunci: Pondok Pesantren, Pembelajaran, Kompetensi, dan Karakter Santri. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran pendidikan di Republik Indonesia tentang karakter kurang terbentuk dengan baik, sehingga pembinaan karakter di pesantren berperan penting dalam membentuk karakter santri yang baik dan benar agar memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi. Para guru di pesantren belum sepenuhnya memposisikan diri sebagai guru yaang memiliki metode dan strategi mengajar yang baik, yakni sebagai panutan atau teladan bagi peserta didik dalam bersikap dan berperilaku, sehingga pembentukan karakter santri di pesantren perlu untuk ditingkatkan. Pesantren memiliki keunikan yakni adanya pengembangan materi pembelajaran selama 24 jam sehinga kegiatan santri sehari penuh semuanya telah diteliti dengan baik. Dengan demikian mayoritas pesantren bisa dikatakan memiliki lingkungan yang Islami dengan kebiasaan hidup di pesantren bersama. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis kompetensi dalam membentuk karakter santri di pesantren?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dalam membentuk karakter santri di pesantren?; (3)Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi dalam membentuk karakter santri? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, dan pembahasan dengan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran berbasis kompetensi dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Gading Mangu Jombang adalah dengan: (a) penyusunan kurikulum, (b) penyusunan prota, (c) penyusunan promes. (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Hiadayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Gading Mangu Jombang adalah (a) Pendahuluan, (b) Kegiatan Inti, (c) Penutup, (d) Pembiasaan akhlak kharimah, (e) pengawasan kedisippinan,. (3) Sistem Evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Gading Mangu Jombang adalah evaluasi hasil berupa 1) raport , 2) tes (tulis,lisan,perbuatan), evaluasi proses berupa karakter santri dan kompetensi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 175615015 EKA YULIANASARI |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 03:58 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9511 |
Actions (login required)
View Item |