PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SOMBOONSAAD ISLAM SCHOOL PATANI, THAILAND

ASIYAH MASAREE, 1721143069 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SOMBOONSAAD ISLAM SCHOOL PATANI, THAILAND. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand” disusun oleh Asiyah Masaree, NIM 1721143069, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam. Budaya Religius Penelitian ini membahas tentang Peran Guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand, Peran guru adalah sebagai pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri, dan disiplin. Berkaitan dengan tanggung jawab, guru harus mengetahui, serta memahami nilai, norma moral, dan sosial serta berusaha perperilaku dan berbuat sesuai dengan nilai dan norma tersebut.Guru juga harus bertanggung jawab terhadap segala tindakannya dalam pembelajaran di sekolah, dan dalam kehidupan masyarakat. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru pendidika agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek shalat berjamaah pada peserta didik di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek membaca al-Quran pada peserta didik di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek budaya hidup Islami pada peserta didik di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek shalat berjamaah pada peserta didik di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand (2) Untuk mendeskrpsikan Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek membaca alQuran pada peserta didik di Somboonsaad Islam School (3) Untuk mendeskripsikan Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek budaya hidup Islami pada peserta didik di Somboonsaad Islam Schol Patani, Thailand. Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan pajikan atau masukan dalam rangka penyempurna Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di Somboonsaad Islam School pada tahun berikutnya yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif, dengan mengambil latar Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di Somboonsaad Islam School Patani, Thailand. Sumber data yang di ambil dari guru pendidikan agama islam, Kepala sekolah, manajer. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan oservasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi pengecekean kredibilitas, pengecekan transferabiliti, pengecekan dependabiliti, pengecekan konfirmabiliti. Hasil analisis di temukan bahwa (1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek shalat berjamaah adalah sebagai berikut (a) Melakukan koordinasi kepada para guru lainnya (b) Melakukan penanaman budaya religius shalat berjamaah dengan beberapa metode (2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius aspek membaca al-Quran adalah sebagai berikut (a) Melakukan koordinasi dengan guru lainnya (b) Memberikan penghargaan (3) Peran guru pendidikan agama dalam mewujudkan budaya hidup Islami adalah sebagai berikut (a) Melalui pendidikan dan pembelajaran (b) Melalui kegiatan keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143069 ASIYAH MASAREE
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:02
Last Modified: 02 Oct 2018 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9561

Actions (login required)

View Item View Item