KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU BELAJAR SANTRI (Studi Multisitus di Madrasah Diniyah Roudlotul Mustofa Rejotangan dan Madrasah Diniyah Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung)

ZAHWAN WAFIR MOHAMMAD, 175115040 (2018) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU BELAJAR SANTRI (Studi Multisitus di Madrasah Diniyah Roudlotul Mustofa Rejotangan dan Madrasah Diniyah Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (657kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Zahwan Wafir Mohammad, Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Belajar Santri (Studi Multi Situs di Madrasah Roudlotul Mustofa Rejotangan dan Madrasah Diniyah AL-Fattahiyyah Boyolangu), dibawah bimbingan Drs. Nur Efendi, M.Ag dan Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd, Tesis pada program pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2017. Kata kunci : Keterampilan Manajerial, Kepala Madrasah, Peningkatan Mutu Belajar Santri. Pendidikan dan pengajaran yang berhasil dalam mencapai tujuan di madrasah membutuhkan keterampilan manajerial kepala madrasah. Keterampilan manajerial mutlak dimiliki oleh kepala madrasah sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap madrasah yang dikelolanya. Keduanya adalah lembaga pendidikan yang berbasis organisasi keagamaan. Untuk meningkatkan mutu belajar santri, diperlukan keterampilan manajerial kepala madrasah. Peningkatan mutu dalam hal sarana dan prasarana, jumlah siswanya, hasil kelulusannya maupun manfaat ilmu yang diperoleh siswa dan masyarakat. Penelitian dalam tesis ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dialakukan dengan teknik pengamatan terlibat, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data situs tunggal, teknik analisis lintas situs, teknik pengumpulan data, pengecekan keabsahan data melalaui teknik ketekunan, triangulasi dan kemudian penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang keterampilan manajerial kepala madrasah ditemukan bahwa kedua kepala madrasa diniyah memiliki keterampilan konseptual dalam meningkatkan mutu belajar santri , diwujudkan dengan menganalisis dan membuat konsep, berfiir rasional, menganalisis kejadian, dan memberikan tugas. Keterampilan teknis kepala madrasah dalam meningkatkan mutu belajar santri itu diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan madrasah, memanfaatkan dan mendayagunakan sarana dan prasarana, menyusun laporan pertanggungjawaban, dan menata ruang. Keterampilan hubungan manusiawi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu belajar santri diwujudkan dengan mengatur lingkungan kerja yang kondusif, memahami perilaku tenaga pendidik untuk mencapai tujuan madrasah, dan pemerataan tugas dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 175115040 ZAHWAN WAFIR MOHAMMAD
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:06
Last Modified: 10 Oct 2018 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9637

Actions (login required)

View Item View Item