PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Multikasus di MTs Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagung dan SMP Jawaahirul Hikmah Besuki Tulungagung)

MUHAMMAD IHSAN TAUFIQ, 1751154024 (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Multikasus di MTs Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagung dan SMP Jawaahirul Hikmah Besuki Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ”Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Multi Kasus di MTs Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagung dan SMP Jawaahirul Hikmah Besuki Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Ihsan Taufiq dengan dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag dan Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata kunci : Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru Kepala sekolah merupakan pimpinan puncak di lembaga pendidikan yang dikelolanya, karena seluruh pelaksanaan program pendidikan ditiap-tiap sekolah dapat dilaksanakan atau tidak, tercapai atau tidak tujuan pendidikan maka sangat tergantung kepada kecakapan dan keberanian kepala sekolah selaku pimpinan. Pemerintah telah meluncurkan berbagai inovasi dalam pendidikan khususnya pada ranah kurikulumnya. Namun yang paling penting dalam hal ini adalah faktor guru. Sebab secanggih apapun suatu kurikulum dan sehebat apapun sistem pendidikan, tanpa kualitas guru yang baik, maka semua itu tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karenanya kepala sekolah harus mampu meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Darul Hikmah dan SMP Jawaahirul Hikmah?, (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Darul Hikmah dan SMP Jawaahirul Hikmah?, dan (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Darul Hikmah dan SMP Jawaahirul Hikmah?. Tujuan penelitian kali ini secara umum adalah untuk mengetahui sebagai seorang supervisor, langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Untuk mengetahui sebagai seorang leader, langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. untuk mengetahui sebagai seorang manager, langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Lokasi penelitian ini adalah di MTs Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagung dan SMP Jawaahirul Hikmah Besuki Tulungagung. Alasan peneliti memilih kedua sekolah ini dikarenakan ke dua lokasi penelitian merupakan pioneer pelaksanaan program multi language di Tulungagung, ke dua kepala sekolah memiliki latar belakang pendidikan yang relative tinggi, yaitu magister dan saat ini sama-sama sedang menyelesaikan disertasi untuk program doctoral, ke dua lembaga berada di lingkungan pondok pesantren dan Ke dua lembaga berada di bawah naungan yayasan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang mana sumber datanya dari orang (people), dokumen (paper) dan tempat (place). Sedangkan untuk memperoleh data didapat dari informan dalam berbagai bentuk seperti catatan tertulis, dan foto. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas : Kepala sekolah, pimpinan yayasan, guru, dan tenaga administrasi. Dari hasil penelitian ini, dapat penulis simpulkan bahwa: (1) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru diwujudkan dengan melakukan kegiatan supervisi secara berkala dan berkelanjutan, tidak berhenti pada supervisi saja namun juga harus ada tindak lanjut dari hasil supervisi tersebut, tindak lanjut bisa berupa pembinaan, teguran hingga ke pemutusan kontrak kerja, sedangkan yang terakhir adalah dengan mengadakan pertemuan rutinan tiap minggu, utamanya saat akan ada event-event tertentu. (2) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru diwujudkan dengan memberi suri tauladan kepada para gurunya, selanjutnya dengan kepala sekolah terlibat langsung dalam proses pembelajaran, dengan terlibat langsung maka para guru akan secara sendirinya menyontoh kepala sekolahnya, yang tidak lupa adalah dengan menunjukkan sikap tanggungjawab terhadap sekolah, senantiasa memberikan motivasi dan selalu mengajak guru untuk berinovasi. (3) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru diwujudkan dengan membuat perencanaan di awal, selanjutnya dengan menerapkan pola rekrutmen guru yang sesuai harapan sekolah, setelah itu diadakan pembinaan kepada para guru secara berkala, diadakan penerapan reward dan punishment supaya guru lebih semangat dan terakhir dengan mengadakan program pengembangan karir para guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd. 1751154024 MUHAMMAD IHSAN TAUFIQ
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:36
Last Modified: 25 Oct 2018 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9717

Actions (login required)

View Item View Item