Kartika Anas, Sholiha (2012) Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
11-ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
12-BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
13-BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
14-BAB III.docx Download (58kB) |
|
Text
15-BAB IV.docx Download (109kB) |
|
Text
16-BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
17-DAFTAR RUJUKAN.docx Download (18kB) |
Abstract
Kata kunci : Media Gambar, Kemampuan Kosa Kata Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Siswa Kelas I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ketakutan para peserta didik memahami isi atau kosa kata bahasa Asing terutama Bahasa Inggris yang menjadikan penghambat siswa untuk mencapai keberhasilan mereka dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar yang menganggap bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit (sukar) bahkan ada yang memandangnya sebagai momok. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana seorang guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode atau media yang cocok untuk siswa. Salah satu media yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan media gambar berupa flash card, diharapkan dengan menggunakan media tersebut dapat membantu siswa dalam memahami dan menganalisa kosa kata dalam pelajaran Bahasa Inggris, sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung? 2) Bagaimana hasil penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan proses penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung 2) Untuk mendiskripsikan hasil penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu. Untuk meningkatkan kemampuan kosa kata Bahasa Inggris siswa dalam penelitian ini disusun 2 siklus dengan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar berupa flash card dapat membuat siswa merasa senang, aktif, antusias, dan memiliki perhatian penuh dalam belajar. Selain itu, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi serta meningkatkan kemampuan kosa katanya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa yang terus mengalami peningkatan pada setiap akhir siklus, sebagai berikut: nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 78,82 yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 86,47 dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 7,65. Sedangkan siswa yang tuntas pada siklus I adalah 70,59% dan meningkat pada siklus II sebesar 11,76% menjadi 82,35%. Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan kosa kata mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 03:37 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/973 |
Actions (login required)
View Item |