HIMAH FARIANI, 1724143106 (2018) KREATIVITAS SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa dalam Mengkonstruksi Soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII di MTsN 2 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Himah Fariani, NIM. 1724143106, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Mengkonstruksi Soal, Lingkaran, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar matematika di kelas VIII MTsN 2 Blitar menekankan pada pemahaman konsep. Padahal kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi persaingan di dunia global saat ini. Selain itu, pembelajaran matematika hanya berpusat pada pemecahan suatu masalah yang tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat suatu masalah sendiri berdasarkan pengalaman matematika yang diperoleh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam mengkostruksi soal pemecahan masalah matematika materi lingkaran kelas VIII di MTsN 2 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan pengecekan keabsahan data dengan cara melibatkan ketekunan peneliti, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi sangat kreatif dalam mengkonstruksi soal pemecahan masalah matematika dengan menemukan ide-ide pengkonstruksian soal dari informasi yang disediakan dan pengalaman mengerjakan soal-soal materi serupa di masa lalu. Siswa sangat kreatif mampu memenuhi komponen kreativitas yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang kreatif dalam mengkonstruksi soal pemecahan masalah matematika dengan menemukan ide-ide pengkonstruksian soal dari informasi yang disediakan dan soal-soal pmecahan masalah dari buku PR matematika, siswa kreatif mampu memenuhi komponen kreativitas yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah cukup kreatif dalam mengkonstruksi soal pemecahan masalah matematika dengan menemukan ide-ide pengkonstruksian soal dari mencontek temannya atau dari dari pemikirannya sendiri dan siswa yang tergolong kurang kreatif hanya mampu mampu memenuhi satu komponen kreativitas yaitu kebaruan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143106 HIMAH FARIANI |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:44 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9739 |
Actions (login required)
View Item |