NOVI ISDIANAWATI, 1725143218 (2018) METODE GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK KARIMAH SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (231kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (59kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAK Novi Isdianawati, 1725143218, Metode Guru Dalam Pembinaan Akhlak Karimah Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Metode Guru, Pembinaan Akhlak Karimah Akhlak merupakan pondasi utama dalam membentuk kepribadian manusia.Akhlak yang dimiliki oleh seseorang yang dibawa sejak lahir maupun dari lingkungan. Untuk membentuk akhlak karimah pada diri seseorang membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Untuk merealisasikannya perlu adanya pembinaan yang di lakukan secara berkelanjutan khususnya pada sekolah. Oleh sebab itu, guru dituntut unuk memiliki metode tertentu dalam menyelenggarakan kegiatan yang dapat menunjang dalam pembinaan akhlak karimah siswa. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan metode guru dalam pembinaan akhlak karimah siswa terhadap Allah SWT di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung (2) mendeskripsikan metode guru dalam pembinaan akhlak karimah siswa terhadap sesama di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung (3) mendeskripsikan metode guru dalam pembinaan akhlak karimah siswa terhadap lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai intrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah MIN 5 Tulungagung, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga; people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara terpimpin, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (7) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode guru dalam pembinaan akhlak karimah siswa terhadap Allah SWT melalui metode ketauladanan dengan memberikan contoh berdoa dan sholat dhuhur berjamaah, memberikan pembiasaan berdoa. Dengan memberikan latihan, misalnya sholat dhuhur dan dhuha berjamaah serta dzikir (2) Metode guru dalam pembinaan akhlak karimah siswa terhadap sesama melalui metode ketauladanan guru memberikan contoh berperilaku yang baik kepada sesama,memberikan pembiasaan dengan slogan 5 S dan infak, nasehat, hukuman, dan pemberian hadiah dengan memberikan pujian agar siswa termotivasi belajar. Jika melanggar peraturan akan dikenakan denda (3) Metode guru dalam pembinaan akhlak karimah siswa terhadap lingkungan melalui metode keteladanan, pembiasaan melalui jadwal piket,latihan , nasehat, dan pemberian hadiah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143218 NOVI ISDIANAWATI |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 07:30 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 07:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9749 |
Actions (login required)
View Item |