IMPLEMENTASI METODE RESITASI INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

ANA IMROATUM MUFIDAH, 1721143050 (2018) IMPLEMENTASI METODE RESITASI INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Resitasi Individu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Imroatum Mufidah, NIM 1721143050, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci: Metode Resitasi Individu, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa tingkat pengetahuan agama di MTsN 5 Tulungagung antara siswa satu dan siswa lainnya beragam, ada siswa yang sudah sangat baik mengenal, memahami, menghayati dan berakhlak mulia dalam pengalaman ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits, tetapi ada juga sebaliknya. Peningkatan kualitas proses belajar mengajar di kelas juga menjadi hal yang signifikan. Lebih - lebih dalam pembelajaran fiqh dimana sebagian besar siswa berangkat dari SD yang tentunya memiliki pengetahuan berbeda jauh dengan lulusan MI. Sementara tingkat pengetahuan dan pemahaman fiqh bagi siswa cukup beragam. Metode memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang diterapkan dalam melibatkan siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan metode resitasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan hasil belajar melalui keterampilan intelektual siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan hasil belajar melalui strategi kognitif siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan hasil belajar melalui keterampilan motorik siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan hasil belajar melalui keterampilan intelektual siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung (2) Untuk mengetahui implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan hasil belajar melalui strategi kognitif siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung (3) Untuk mengetahui implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan hasil belajar melalui keterampilan motorik siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Dengan menggunakan metode resitasi individu, hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh melalui keterampilan intelektual dapat ditarik kesimpulan bahwa, hasil belajar siswa dapat meningkat dan bisa juga tidak meningkat. Hal ini sesuai dengan kemampuan siswa yang berpengaruh pada nilai kognitif siswa, (2) Dengan menggunakan metode resitasi individu, hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh melalui strategi kognitif dapat ditarik kesimpulan bahwa, hasil belajar siswa rata-reta meningkat. Hal ini sesuai dengan kemampuan siswa yang berpengaruh pada nilai kognitif dan afektif siswa. (3) Dengan menggunakan metode resitasi individu, hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh, melalui keterampilan motorik dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dan bisa juga tidak meningkat. Hal ini sesuai dengan kemampuan psikomotorik siswa yang berpengaruh pada nilai psikomotorik siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143050 ANA IMROATUM MUFIDAH
Date Deposited: 27 Dec 2018 01:57
Last Modified: 27 Dec 2018 01:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item