STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multi Situs di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu Tulungagung dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Blitar)

NURUL HIDAYAH RAHMAWATI, 17506164051 (2018) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multi Situs di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu Tulungagung dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidayah Rahmawati, 17506164051, 2018. Tesis dengan judul “Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi multi situs di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu Tulungagung dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Blitar)”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag Kata Kunci: Mutu Pembelajaran Pendidikan agama Islam dan Karakter siswa Konteks penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh karakter remaja yang semakin menunjukkan kemerosotan sehingga harus memperhatikan peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik kearah yang lebih baik. Melalui peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam akan memudahkan tercapainya keberhasilan dalam membina karakter siswa kearah yang lebih baik. Penanaman karakter religius, jujur dan disiplin penting dilakukan karena jika anak mempunyai pegangan dalam dirinya meliputi keimanan dan ketaqwaan, sifat jujur dan sikap disiplin, maka kualitas anak akan meningkat, terjauh dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kepada Allah SWT di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan SMKN 1 Blitar?, (2) Bagaimana strategi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan SMKN1 Blitar?, (3) Bagaimana strategi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur siswa di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan SMKN1 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis yang digunakan deskriptif, dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Tenik pengumpulan data yakni dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan akhir. Untuk menguji keabsahan data digunakan trianggulasi, pembahasan teman sejawat, perpanjangan penelitian, dan peningkatan ketekunan. Hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1 ) Strategi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kepada Allah SWT di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan SMKN 1 Blitar, adalah: (a) memberikan bimbingan (b) memberikan pembiasaan-pembiasaan yang membuat siswa terbiasa melaksanakan ibadah (c) kegiatan praktek (d) keteladanan (2) Strategi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan SMKN1 Blitar adalah (a) memberikan pembiasaan-pembiasaan memberikan pembiasaan-pembiasaan, (b) tata tertib (c) peraturan-peraturan yang mengikat siswa dengan berbagai sanksi dan poin jika melanggar. (3) Strategi peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur siswa di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan SMKN1 Blitar adalah: (a) memberikan pembiasaanpembiasaan, (b) adanya fasilitas yang yang diterapkan oleh guru PAI dan sekolah dalam menguji kejujuran siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164051 NURUL HIDAYAH RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:52
Last Modified: 18 Dec 2018 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9787

Actions (login required)

View Item View Item