PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII E MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

WINDA LESTARI, 1724143262 (2018) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII E MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII E MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Winda Lestari, NIM. 1724143262, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Proses Berpikir, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Polya, Segiempat, Gaya Belajar. Pembelajaran untuk materi geometri khususnya bangun datar segiempat selama ini masih menitikberatkan pada muatan kognitif hasil belajar siswa. Pembelajaran siswa diarahkan agar siswa mampu menghafal konsep yang disampaikan guru dan memiliki hasil belajar yang tuntas pada aspek kognitif tanpa memperhatikan dan mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, saat siswa menyelesaikan soal ataupun memecahkan masalah. Evaluasi yang dilakukan pun sering metitikberatkan pada hasil belajar siswa tanpa mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memecahkan soal cerita. Padahal siswa selama ini memiliki kesulitan dalam memahami ataupun memecahkan soal cerita. Masalah selanjutnya adalah setiap siswa memiliki cara belajar masing-masing yang berbeda dalam memahami informasi atau materi pelajaran, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas VII E dengan gaya belajar auditory dalam pemecahan masalah matematika materi bangun datar segiempat di MTs Darul Hikmah tahun ajaran 2017/2018; 2) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas VII E dengan gaya belajar visual dalam pemecahan masalah matematika materi bangun datar segiempat di MTs Darul Hikmah tahun ajaran 2017/2018; 3) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas VII E dengan gaya belajar kinestetik dalam pemecahan masalah matematika materi bangun datar segiempat di MTs Darul Hikmah tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Setiap gaya belajar diwakili 2 siswa, sehingga subjek penelitian ada 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditory mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, kurang mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, kurang mampu mengungkapkan argumen secara logis, dan kurang mampu menarik kesimpulan; 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, mampu mendeteksi bias dengansudut pandang yang berbeda, mampu mengungkapkan argumen secara logis, dan mampu menarik; 3) kesimpulanKemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar kinestetik kurang mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, kurang mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, kurang mampu mengungkapkan argumen secara logis, dan kurang mampu menarik kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143262 WINDA LESTARI
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:14
Last Modified: 26 Feb 2019 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item View Item