Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar

TRIANA WULANDARI, 1724143247 (2018) Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar”. Ditulis oleh Triana Wulandari, NIM: 1724143247, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Pemahaman, Relasional, Menyelesaikan Masalah Fenomena kecenderungan guru matematika yang kurang mengoptimalkan pemahaman relasional siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa hanya mampu menghafal konsep dan menerapkannya pada perhitungan sederhana, sehingga ketika siswa diberikan soal dengan sedikit variasi dari yang dicontohkan oleh guru atau soal yang membutuhkan pengaitan dengan konsep lain dalam penyelesaiannya, siswa akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Hanya siswa yang berkemampuan matematika tinggi saja yang dapat dengan tepat menyelesaikan soal tersebut sedangkan yang berkemampuan sedang dan rendah belum tentu dapat menyelesaikan soal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, (2) untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, (3) untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah lingkaran dari 9 deskriptor mampu memenuhi 6 deskriptor dengan sempurna, 2 deskriptor terpenuhi namun belum sempurna, dan 1 deskriptor tidak terpenuhi. (2) Pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah lingkaran dari 9 deskriptor mampu memenuhi 4 deskriptor dengan sempurna, dan 5 deskriptor terpenuhi namun belum sempurna. (3) Pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah lingkaran dari 9 deskriptor mampu memenuhi 2 deskriptor dengan sempurna, 5 deskriptor terpenuhi namun belum sempurna, dan 2 deskriptor tidak terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1723143157 sabila rohmatul latifah
Date Deposited: 16 Nov 2018 06:56
Last Modified: 16 Nov 2018 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9812

Actions (login required)

View Item View Item