PEMANFAATAN MAJELIS TA’LIM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMP Islam Al Azhaar dan SMP Islam Qur’an Al Bahjah Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018)

Zainun Nasikah, 17506164068 (2018) PEMANFAATAN MAJELIS TA’LIM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMP Islam Al Azhaar dan SMP Islam Qur’an Al Bahjah Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ”Pemanfaatan Majelis Ta’lim sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Multisitus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Qur’an Al Bahjah Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018)” ini ditulis oleh Zainun Nasikah yang dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Majelis Ta’lim, Sumber Belajar PAI. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah pembelajaran PAI adalah sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Minimnya jam pelajaran PAI di dalam kelas menjadikan pendidik harus memanfaatkan sumber belajar dalam berbagai bentuk guna membentuk kompetensi yang diharapkan. Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam mata pelajaran PAI adalah majelis ta’lim. Dengan meminta peserta didik mengikuti dan mendengarkan majelis ta’lim secara rutin, akan menambah pengetahuan tentang Islam pada peserta didik. Selain itu, dengan sering mendengarkan kajian Islam, diharapkan akan menanamkan akhlak mulia pada diri peserta didik sehingga mereka akan memiliki karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari mereka atau dengan kata lain pembelajaran PAI akan berhasil jika majelis ta’lim itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Adapun sekolah yang memiliki program majelis ta’lim adalah SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Qur’an Al-Bahjah Tulungagung. Kedua sekolah tersebut memiliki program majelis ta’lim setiap minggu dan setiap bulannya. Berdasarkan pemaparan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan bentuk program dari pemanfaatan majelis ta’lim sebagai sumber belajar PAI di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Qur’an Al-Bahjah Tulungagung; (2) Mendiskripsikan pelaksanaan dari pemanfaatan majelis ta’lim sebagai sumber belajar PAI di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Qur’an Al-Bahjah Tulungagung; (3) Mendiskripsikan manfaat majelis ta’lim sebagai sumber belajar PAI di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Qur’an Al-Bahjah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah multisitus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Bentuk program dari pemanfaatan majelis ta’lim sebagai sumber belajar PAI dapat diselenggarakan dengan mengadakan kegiatan kajian kitab dan pengajian untuk umum. Program majelis ta’lim ini bertujuan untuk menambah pengetahuan Islam peserta didik, membentuk akhlakul karimah dalam diri peserta didik, agar peserta didik haus akan ilmu, serta membekali para orang tua dalam membimbing putra putrinya di rumah. (2) Pelaksanaan dari pemanfaatan majelis ta’lim sebagai sumber belajar PAI tidak terikat oleh waktu. Artinya waktu pelaksanaan majelis ta’lim disesuaikan dengan pembuat program tersebut. Materi yang disampaikan adalah materi yang masuk dalam rung lingkup PAI, yaitu akidah, akhlak, fikih, dan sirah. Metode yang digunakan dalam majelis ta’lim adalah metode ceramah, dan juga perlu apresepsi untuk memotivasi peserta didik atau jamaah agar tetap fokus dengan materi yang disampaikan mu’allim. Pelaksanaan majelis ta’lim tersebut sudah bagus, karena materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat sekitar. (3) Manfaat majelis ta’lim sebagai sumber belajar PAI yaitu dapat membentuk karakter beriman, bertakwa, dan berilmu dalam diri peserta didik. Artinya, program majelis ta’lim tersebut dapat membentuk akhlakul karimah peserta didik, serta dapat menambah pengetahuan peserta didik dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123029 Zainun Nasikah
Date Deposited: 23 Nov 2018 06:24
Last Modified: 23 Nov 2018 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item