Levy Hafidzah Shofif, 17506164039 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI TINGKAH LAKU PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangrejo dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Download (306kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Download (802kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangrejo dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung)” ini ditulis oleh Levy Hafidzah Shofif dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku, Pembelajaran PAI, Akhlak. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tingkah laku peserta didik yang tidak bisa mengontrol diri, cemas, tidak peka terhadap situasi sosial dan tegang serta cemas dalam mengikuti pembelajaran. Padahal tingkah laku yang demikian berakibat tidak baik pada diri peserta didik serta tingkah laku tersebut tentunya tidak sesuai dengan tujuan pendidikan. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana guru memberikan pembelajaran tentang kontrol diri kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Karangrejo dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana guru memberikan contoh tentang situasi sosial kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Karangrejo dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (3)Bagaimana guru memberikan pembelajaran tentang mengurangi ketegangan dan kecemasan kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Karangrejo dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk lebih membuka pengetahuan penulis tentang betapa pentingnya penggunaan model modifikasi tingkah laku pada materi PAI di SMP Negeri 1 Karangrejo dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dan lebih mempersiapkan diri secara matang dalam penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah multisitus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Cara yang dilakukan guru dalam memberikan pembelajaran kontrol diri kepada peserta didik yaitu dengan Memberikan peringatan dan hukuman kepada peserta didik yang tidak dapat mengontrol dirinya dengan hukuman yang positif yaitu mengahafal surat-surat pendek dan membaca istighfar. (2) Cara yang dilakukan guru dalam memberikan contoh tentang situasi sosial kepada peserta didik yaitu dengan memberikan contoh melalui cerita tentang peristiwa yang sesuai dengan materi pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu empati baik secara langsung maupun dengan menggunakan media pembelajaran, selain itu juga dengan memberikan nasehat dan tugas kelompok. (3) Cara yang dilakukan guru dalam memberikan pembelajaran tentang mengurangi ketegangan dan kecemasan kepada peserta didik yaitu dengan meberikan kesan yang baik ketika masuk kelas, memberikan relaksasi melaui perenungan dengan mengajak peserta didik untuk mengingat Allah dan memberikan kata-kata yang menenangkan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tesis 17506164039 Levy Hafidzah Shofif |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 06:25 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 06:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9852 |
Actions (login required)
View Item |