FAUZANA WIDYA DARA, 1725143097 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 3 MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (945kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (123kB) |
Abstract
ABSTRAK Fauzana Widya Dara, 1725143097, 2018 “Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Nursamsu, M. Pd Kata Kunci: metode multisensori, kemampuan membaca, hasil belajar Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Salah satu metode yang menarik dalam pembelajaran yaitu metode multisensori. Metode multisensori adalah metode pembelajaran yang menggunakan beberapa indera (audio, visual, kinestetik) dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menggunkan gambar dan bacaan yang dibaca secara lisan juga jari yang menunjukkan bagian yang sedang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode multisensori terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Analisis MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalasari Tulungagung mata pelajaran Bahasa Indonesia . Hasil penelitian ini adalah : 1) diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,014, nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Hasil penlitian ini adalah: 2) diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,007, nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh metode multisensori terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Hasil penelitian ini adalah: 3) diperoleh Sig. (2- tailed) sebesar 0,001, nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143097 FAUZANA WIDYA DARA |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 03:48 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9874 |
Actions (login required)
View Item |