OKTA HIDAYATUSHOLIKAH, 1725143232 (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (426kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (877kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (457kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (347kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Okta Hidayatusholikah, NIM. 1725143232, pembimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci : Mind Mapping, Keaktifan dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah, dimana siswa kurang menguasai dan memahami materi karena sifatnya hafalan dan merangkum, bahkan nilainya yang kurang baik serta kemandirian dan keaktifan siswa cenderung masih rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode mind mapping. Penggunaan metode mind mapping ini dalam proses pembelajaran dapat membantu memunculkan keaktifan siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam dan hasil belajar dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui adanya pengaruh metode mind mapping terhadap keaktifan siswa di MIN 1 Tulungagung. Untuk mengetahui adanya pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 1 Tulungagung. Untuk mengetahui adanya pengaruh metode mind mapping terhadap keaktifan dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 1 Tulungagung yang berjumlah 448 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dengan metode Mind Mapping dan kelas VB sebagai kelompok kontrol dengan metode Konvesional. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode Mind Mapping terhadap keaktifan siswa di MIN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dari skor hasil observasi kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol 17,03 > 13,20 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan dari metode mind mapping terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 1 Tulungagung yang ditunjukkan pada analisis skor peningkatan (gain score) hasil belajar siswa diperoleh nilai rata- rata pretest 37,66 dan posttest 65,31 pada kelompok eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata- rata pretest 35 dan posttest 54 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan dari metode mind mapping terhadap keaktifan dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 1 Tulungagung yang ditunjukkan pada nilai ke empat P value (sig.) adalah 0,004 dengan taraf signifikan < 0,05 ( 0,004 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dalam pelajaran sejarah Kebudayaan Islam mampu mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa di MIN 1 Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143232 OKTA HIDAYATUSHOLIKAH |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 06:50 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9931 |
Actions (login required)
View Item |