IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WALJAMAAH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

Naphan Fathoni Aziz, 2811133193 (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WALJAMAAH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) dalam Pembelajaran Siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek”, ini ditulis oleh Naphan Fathoni Aziz dibimbing oleh Dr.H.Munardji,M.Ag Kata Kunci: Implementasi, Ahlussunnah Wal Jamaah, Pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan saat ini perlu ditanamkan norma-norma agama agar peserta didik tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang. Dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam sangat penting perannya dalam membentuk karakter peserta didik yang mampu bergaul dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah disingkat ASWAJA oleh kaum Nahdliyin (NU) dianggap sesuai dan pas denagan Islam Indonesia. Karena didalmanya terdapat prinsip-prinsip atau nilai-nilai Tawassuth (moderat),Tawazun (seimbang), Tasamuh (toleran) dan I’tidal (tegak lurus). Serta adaptif terhadap tradisi lokal masyarakat Indonesia dengan semboyan al-muhafadhoh ala al qodim al-sholih wa al-akhdzu bi al jadid al-ashlah (menjaga tradisi lama yang baikdan mengambil tradisi baru yang lebih baik). Fokus Penelitiannya adalah 1) Bagaimana implementasi nilai tawasuth pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 2) Bagaimana implementasi nilai tasamuh pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 3) Bagaimana implementasi nilai tawazun pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? 4) Bagaimana implementasi nilai i’tidal pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) Implementasi nilai tawasuth pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dengan jalan: 1) Implementasi nilai tawasuth aqidah pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek melalui: a) Mata pelajaran ASWAJA ini sebagai fondasi awal b) Pengalaman diskusi, c) kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu istighosah dan bacaan-bacaan wirid. 2) Implementasi nilai tawasuth ibadah pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek melalui: a) Pembiasaan membaca yasin dan tahlil sebelum memulai pelajaran pada jam pertama, b) Pembiasaan sholat sunnah dhuha, pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah, pembiasaan wirid setelah melaksanakan sholat Wirid merupakan salah satu ciri khas ahlussunnah wal jamaah ala nahdlatul ulama’. 3) Implementasi nilai tawasuth akhlak pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek melalui: a) di biasakan untuk disiplin dalam segala hal, b) Sikap keteladanan yang ada yaitu seorang guru tidak cukup hanya memberikan suatu materi saja di dalam kelas, di samping itu bapak ibu guru juga memotivasi peserta didik untuk giat belajar. c) dengan diskusi siswa diberikan suatu masalah, kemudian secara bersama-sama mereka mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. (2) Implementasi nilai tasamuh pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dilakukan dengan jalan: 1) siswa diajarkan untuk menghargai pendapat satu sama lain melalui metode pembelajaran kelompok sehingga para siswa bisa mengerti akan pentingnya sikap toleransi. 2) Mengimplementasikan nilai-nilai Aswaja di dalam kelas dengan menggunakan metode cramah, metode drill dan metode keteladanan, 3) penanaman sikap toleransi dalam hal ini juga dilakukan untuk menciptakan suasana yang kondusif. 4) Implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran dengan memberikan pemahaman tersebut kepada peserta didik diharapkan dapat memperluas pemahaman mereka terhadap nilai-nilai ajaran agama. (3) Implementasi nilai tawazun pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dilakukan dengan: 1) memberikan tugas-tugas kemanusiaan seperti gorong royong dan kerjasama dalam setiap tugas kelompok, para pendidik juga memberikan keteladanan dengan memberikan contoh ikut terlibat langsung dalam setiap kegiatan. 2) adanya penanaman sikap tawazun siswa dalam pembelajaran di sekolah siswa diharapan bisa berkembang dengan baik di lingkup sekolah maupun masyarakat. Agar siswa bisa berguna baik untuk bangsa dan Negara. (4) Implementasi nilai i’tidal pada pembelajaran siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dilaksanakan dengan jalan: 1) Guru mendidik siswa untuk senantiasa sabar (tabah). Bersabar itu sangat ditekankan untuk semua manusia, apalagi waktu mendapatkan musibah, dengan bersabar Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda. 2) Guru mendidik siswa untuk senantiasa tawakal (menyerahkan diri) kepada Allah, 3) Guru mendidik siswa untuk senantiasa bersyukur kepada Allah, bersyukur yaitu manusia mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diperolehnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S,Pd 2811133193 Naphan Fathoni Aziz
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:14
Last Modified: 18 Dec 2018 06:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9970

Actions (login required)

View Item View Item