AJENG ALIFFATUS FITRIASARI, 1725143011 (2018) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN GEDOG BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kedisiplinan Siswa Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MIN Gedog Blitar”, ini ditulis oleh Ajeng Aliffatus Fitriasari, NIM 1725143011, pembimbing Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Disiplin Siswa, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Skripsi yang membahas tentang hubungan disiplin siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa, ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kedisiplinan siswa sangat rendah dan siswa tidak memahami betul manfaat dari kedisiplinan, padahal dalam kehidupan sehari-hari faktor kedisiplinan sangat dibutuhkan. Keberhasilan sifat disiplin tidak lepas dari peran orang tua, guru, dan lingkungan sekitar. Guru pada saat ini harus lebih berani untuk menmbuhkan sikap disiplin terhadap siswanya karena disiplin merupakan salah satu bagian dari pendidikan karakter. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kedisiplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar MIN Gedog Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar siswa di MIN Gedog Blitar?, (2) Adakah hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa di MIN Gedog Blitar?, (3) Adakah hubungan kedisiplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa di MIN Gedog Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar siswa di MIN Gedog Blitar, (2) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa di MIN Gedog Blitar, (3) Untuk mengetahui hubungan kedisplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa di MIN Gedog Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi sebab-akibat. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas V MIN Gedog Blitar. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan kelas VA dan VB. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada hubungan kedisiplinan siswa terhadap minat belajar siswa MIN Gedog Blitar, hasilnya diperoleh dari taraf signifikansi 5% sebesar 0,266 dengan hasil signifikansi 0,412 maka dapat diketahui r hasil > r tabel atau 0,412 > 0,266, (2) ada hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa MIN Gedog Blitar, hasilnya diperoleh tarf signifikansi 5% sebesar 0,266 dengan hasil signikansi 0,433 maka dapat diketahui r hasil > r tabel atau 0,433> 0,266, (3) ada hubungan kedisiplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa MIN Gedog Blitar, hasilnya diperoleh dari taraf signifikansi 5% sebesar 0,266 dengan hasil signifikansi 0,643 maka dapat diketahui r hasil > r tabel atau 0,643 > 0,266. Dengan demikian hasil dari penilitian ini ada hubungan yang positif antara kedisiplinan siswa dengan minat dan hasil belajar siswa MIN Gedog Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143011 AJENG ALIFFATUS FITRIASARI |
Date Deposited: | 21 Dec 2018 06:34 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9983 |
Actions (login required)
View Item |