Wahyu Indrawan, Mohamad (2009) Perbedaan Antara Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pembelajaran Konvensional Di MTsN Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (43kB) |
|
Text
11. ABSTRAK.doc Download (34kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (75kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (173kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (96kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (257kB) |
Abstract
Kata Kunci : prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pembelajaran konvensional. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada saat ini kebanyakan proses belajar mengajar di sekolah banyak menggunakan metode konvensional, dimana dalam metode ini guru sangat dominan dan mengontrol alur pelajaran dan metode ini kurang cocok dipakai dalam matematika. Dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan metode lain untuk menciptakan siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, misalnya dengan menggunakan metode pembelajaran yang berkembang saat ini yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, metode ini adalah konsep pembelajaran dimana para siswa bekerja dalam tim yang heterogen (kelompok asal), kemudian mereka (yang mempunyai materi sama) berkumpul dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan topik mereka. Setelah selesai mereka kembali kepada kelompok asal dan menyampaikan materi yang diperoleh kepada teman - temannya (kelompok asal). Yang terakir adalah, para siswa menerima penilaian yang mencakup seluruh topik, dan skor kuis akan menjadi skor tim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VII MTsN Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010? (2) Bagaimanakah prestasi belajar matematika melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsN Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010? (3) Adakah perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan Prestasi belajar matematika melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsN Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VII MTsN Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsN Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010. (3) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsN Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah untuk masukan dalam menentukan haluan kebijakan dalam membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebagai bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran, khususnya tentang penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bagi guru matematika yang terlibat dalam penelitian ini baik dari segi teoritis maupun dari pelaksanaan pembelajarannya. bagi siswa diharapkan akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi penulis sebagai pijakan untuk mengembangkan penelitian lainnya khususnya dibidang pendidikan. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview/wawancara, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengadakan pengamatan secara langsung. Tes digunakan untuk mengetahui prestasi siswa. Sedangkan interview dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, saran dan prasarana pendidikan, dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus Uji t, setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa, (1) Prestasi belajar matematika siswa kelas VII C MTsN Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010 pada pokok bahasan segi empat dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendapatkan hasil yang cukup baik. (2) Prestasi belajar matematika siswa kelas VII D MTsN Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010 pada pokok bahasan segi empat dengan menggunakan pembelajaran konvensional mendapatkan hasil yang agak baik. (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada pokok bahasan segi empat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:45 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |