Rahmawati, Shofiatul (2010) Perbedaan Antara Penggunaan Metode STAD dan Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar Matematika SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
ABTRAK.doc Download (28kB) |
|
Text
BAB II SHOPI.doc Download (177kB) |
|
Text
BAB IV Skripsi Sofi.doc Download (304kB) |
|
Text
BAB V skripsi Sofi.doc Download (25kB) |
|
Text
bab3_metode penelitian.doc Download (96kB) |
|
Text
babI.doc Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA sofi.doc Download (39kB) |
|
Text
COVER.doc Download (52kB) |
|
Text
PENGESAHAN.doc Download (23kB) |
Abstract
Latar Belakang Masalah: Pendidikan merupakan bidang pembangunan yang sangat esensial bagi keberlangsungan dan keuntungan suatu bangsa. Pendidikan sebagai upaya yang paling efektif untuk meningkatkan sumber daya manusia. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang kurang menyenangkan. Seorang guru dalam mengajar perlu memilih model pembelajaran yang efektif dan efisien agar siswa termotivasi aktif dan senang belajar matematika. Metode STAD sangat tepat dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan daya kemampuan dan penalaran siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Perumusan Masalah: 1) Bagaimanakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode STAD di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimanakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode ceramah di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? 3) Adakah perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode STAD dan dengan metode ceramah di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode STAD di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode ceramah di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung 3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode STAD dan dengan metode ceramah di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Metodologi Penelitian: Pola penelitian, 1) Penelitian Kuantitatif, 2) Penelitian Komparasi; populasinya: seluruh siswa di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung, sampel penelitian: kelas III A dan kelas III B SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung, teknik pengambilan sampel “purposive sampling”. Metode dan instrument pengumpulan data: 1) Metode Observasi intrumennya dengan pedoman observasi, 2) Metode Interview instrumennya dengan pedoman intersview, 3) Metode Dokumentasi instrumennya dengan pedoman dokumentasi, 4) Metode Tes instrumennya dengan pedoman tes. Teknik analisis data : teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian data dengan uji dua pihak yaitu uji t. Kesimpulan : 1. Hasil prestasi belajar siswa melalui metode STAD pada kriteria baik ; 2. Hasil prestasi belajar melalui metode ceramah pada kriteria agak baik ; 3. Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan metode STAD dan metode ceramah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 08:25 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 08:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
View Item |