RIZKA AWALUL LAILIYAH, 17204153043 (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI ALJABAR BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) KELAS VII B SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (897kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (158kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Berdasarkan Prosedur Newman’s Error Analysis (NEA) Kelas VII B SMP Islam Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Rizka Awalul Lailiyah, NIM 17204153043, dengan dosen pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D Kata kunci : Analisis Kesalahan, Prosedur Newman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, kurangnya minat belajar matematika, hasil belajar matematika yang masih dibawah rata-rata KKM. Oleh karena itu, diperlukan analisis penyebab siswa banyak mengalami kesalahan. Kemudian, hasil analisis tersebut adalah salah satu cara yang dirasa dapat membantu mencari solusi dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek dalam menyelesaikan soal-soal matematika materi aljabar berdasarkan prosedur Newman. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi operasi aljabar berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal sudah mampu menyelesaikan pada tiga prosedur yaitu, kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi (b) siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal sudah mampu menyelesaikan pada dua prosedur yaitu, kesalahan membaca dan kesalahan transformasi (c) siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal sudah mampu menyelesaikan masih satu prosedur yaitu pada kesalahan membaca. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak lancar membaca soal serta kurangnya pengetahuan tentang simbol-simbol yang terdapat dalam soal-soal matematika, tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal dengan benar, tidak menguasai materi operasi hitung aljabar, kurang berlatih mengerjakan soal-soal latihan terkait materi operasi hitung aljabar, asala-salan mengerjakan soal, tidak menyukai pelajaran matematika, tidak paham dengan metode penyelesaian yang digunakan dengan benar, tidak paham dengan konsep.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153043 RIZKA AWALUL LAILIYAH |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 07:57 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10489 |
Actions (login required)
View Item |