Suryana Hanif, Mami (2010) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Prisma dan Limas) Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Durenan. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.PENDAHULUAN.doc Download (75kB) |
|
Text
BAB II Kajian Pustaka.doc Download (249kB) |
|
Text
BAB III.METODE PENELITIAN.doc Download (159kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (274kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (33kB) |
|
Text
COVER DEPAN-daftar isi blm di print.doc Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA + COVER.doc Download (734kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pemahaman Konsep matematika, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah Itu disebabkan, metode pembelajaran dan modul pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga iswa cepat bosan dan pada akhirnya bsebagian siswa belum memahami konsep yang sudah diajarkan. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika adalah menerapkan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Islam Durenan, Trenggalek. Permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan? (2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan? Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Sumber data dalam penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Metode dan Instrumen pengumpulan data (1). Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data data yang diambil dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan metode statistic menggunakan uji-t. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan. (2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan. Hasil Penelitian Penerapan model pembelajaran Inquiry kelas VIII A di SMP Islam Durenan sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model model pembelajaran Inquiry ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dalam pembelajaran matematika. Sehingga model pembelajaran inquiry ini mampu membuat mata pelajaran matematika yang dianggab sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan Saran-saran : (1) Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika. Oleh karena itu diharapkan guru bidnag study matematika untuk menggunakan model pembelajaran inquiry sebagai alternative pembelajaran matematika. (2) Mengingat banyak hal positif yang dapat diperoleh seperti meningkatkan pemahaman konsep matematika, maka harus diperhatikan cara penyampaian materi, metode yang digunakan, pengolahan kelas yang baik dan pengaturan waktu pembelajaran seefisien mungkin sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 02:58 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1066 |
Actions (login required)
View Item |