Rosidah, Naimatur (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Melukis Sudut MTs Negeri Tulungagung 2 Kelas VII A Tahun Ajaran 2011/ 2012. [ Skripsi ]
Text
bagwal.docx Download (92kB) |
|
Text
bab 1.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (234kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (50kB) |
|
Text
bab IV new.docx Download (84kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN SEMENTARA.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give, Prestasi Belajar Siswa, Melukis Sudut. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dan ketidaka senangan peserta didik dengan mata pelajaran matematika. Karena model pembelajaran yang digunakan disekolah tersebut rata- rata pembelajaran konvensional. Untuk memahaminya perlu menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yang dapat memacu aktivitas belajar peserta didik sehingga nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, misalnya dengan pembelajaran koperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Take and Give, peserta didik dilatih untuk bekerjasama, mampu berinteraksi, serta memiliki tanggungjawab tidak hanya terhadap dirinya sendiri, melainkan juga tanggung jawab terhadap kelompok. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give siswa kelas VII A MTs Negeri Tulungagung 2 materi melukis sudut tahun ajaran 2011/ 2012? (2) Bagaimana prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Negeri Tulungagung 2 materi melukis sudut tahun ajaran 2011/ 2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe take and give yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Negeri Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/ 2012 materi melukis sudut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Tulungagung 2 pada bulan Mei 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus tindakan. Setiap siklus meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, wawancara dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dengan jumlah 36 peserta didik terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 29 peserta didik perempuan. Proses pembelajaran berlangsung dengan mengikuti langkah- langkah pembelajaran kooperatif tipe take and give. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Ketuntasan belajar peserta didik dari penelitian ini adalah 75% dari siswa yang memperoleh nilai ≥ 66. Hasil penelitian yaitu: (1) pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 83,3%. Dari hasil peningkatan ketuntasan belajar peserta didik tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi melukis sudut, (2) aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya yaitu siklus I terhitung persentase sebesar 82,7 %, siklus II menjadi 91,5 %,. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe take and give yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Negeri Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/ 2012 pokok bahasan melukis sudut Saran-saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) hendaknya selalu memberi strategi baru dalam pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik dapat meningkat, (2) guru disarankan agar melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk lebh mengenal secara mendalam permasalahan dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 06:25 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 06:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
View Item |