Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Terhadap Pembentukan Perilaku Islami Siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek

Kholis, Nur (2010) Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Terhadap Pembentukan Perilaku Islami Siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
Bab 1 Nur Kholis.doc

Download (60kB)
[img] Text
Bab 2 Nur-Kholis.doc

Download (115kB)
[img] Text
Bab 3 Nur-Kholis.doc

Download (68kB)
[img] Text
Bab 4 Nur-Kholis.doc

Download (374kB)
[img] Text
Bab 5 Nur-Kholis.doc

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (49kB)
[img] Text
Lampiran Nur Kholis.doc

Download (333kB)
[img] Text
Kartu Bimbingan Nur Kholis.doc

Download (56kB)
[img] Text
Pra Nur-Kholis.doc

Download (99kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran agama Islam dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan berperilaku. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pembelajaran agama Islam dengan perilaku siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah hubungan antara efektifitas penerapan metode pembelajaran agama Islam terhadap pembentukan perilaku Islami siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek? (2) Adakah hubungan antara efektifitas penggunaan teknik pembelajaran akhlak terhadap pembentukan perilaku Islami siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang hubungan efektifitas pembelajaran agama Islam dengan perilaku siswa di SMP Islam Durenan dan keadaan hubungan tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar, agi SMP Islam Durenan, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang perilaku siswa di SMP Islam Durenan yang digunakan dalam sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus product moment. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada korelasi positif dan cukup signifikan antara efektifitas penerapan metode pembelajaran agama Islam terhadap pembentukan perilaku Islami siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek; (2) Ada korelasi positif dan tinggi antara efektifitas penggunaan teknik pembelajaran agama Islam terhadap pembentukan perilaku Islami siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:38
Last Modified: 05 Feb 2015 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item