Roifah, Miftakhur (2012) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
bab I-V.docx Download (163kB) |
|
Text
cover & abstrak.docx Download (123kB) |
|
Text
Cover luar dan cover dalam.docx Download (99kB) |
Abstract
Kata kunci:Prestasi Belajar Siswa, Metode Demonstrasi Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika, dalam pembelajaran matematika guru kurang memperhatikan penggunaan metode dalam menyampaikan materi pelajaran, padahal penggunaan metode yang menarik dan tepat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa itu sendiri. Metode pembelajaran memiliki arti penting dalam dunia pendidikan, berhasil tidaknya proses pembelajaran tergantung dari metode yang digunakan. Matematika merupakan merupakan mata pelajaran yang memiliki sifat khas bila dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, tentu sangat sulit jika hanya diajarkan dengan menggunakan metode ceramah yang sering digunakan oleh sebagian besar guru, sehingga membutuhkan metode yang mampu menarik minat siswa untuk belajar matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung materi pecahan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung materi pecahan . Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, metode catatan lapangan. Metode test digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode demonstrasi, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika, ternyata prestasi belajar siswa meningkat. Ini terbukti dari nilai pre test yang diperoleh (55,12) dengan presentase ketuntasan 54%, post test siklus 1 (75,60) dengan presentase ketuntasan 71% , post test siklus 2 (82,19) dengan presentase ketuntasan 93% .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 07:24 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1109 |
Actions (login required)
View Item |