Suwantiko, Ridho (2012) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar pada Peserta Didik Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (57kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (106kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (95kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (355kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (30kB) |
|
Text
COVER.doc Download (444kB) |
|
Text
HAL PERSETUJUAN dll.doc Download (68kB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika, dalam pembelajaran matematika guru kurang memperhatikan penggunaan metode dalam penyampaian materi pelajaran, padahal penggunaan metode yang menarik dan tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Metode pembelajaran memiliki arti penting dalam dunia pendidikan, berhasil tidaknya proses pembelajaran tergantung dari metode yang digunakan. Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki sifat khas bila dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, tentu sangat sulit jika hanya diajarkan dengan menggunakan metode ceramah yang sering digunakan oleh sebagian besar guru, sehingga membutuhkan metode yang mampu menarik minat siswa untuk belajar matematika. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk pembelajaran melalui metode demonstrasi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 MI Bendiljati Wetan Sumbergempol? (2) Bagaimana Hasil Belajar matematika siswa kelas 3 MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung setelah diterapkannya pembelajaran meelalui metode demonstrasi? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembelajaran melalui metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Mendiskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas 3 MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yang diajar dengan metode demonstrasi pada materi bangun datar. Skripsi ini bermanfaat bagi guru sebagai masukan dalam memberikan pelajaran matematika yang menekankan pada penggmaan metode pembelajaran. Bagi sekolah bermanfaat untuk dijadikan dasar pengambilan kebijakan dalam prases belajar mengajar dan bagi siswa bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah PTK, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru atau peneliti dengan menekankan pada permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi yang dijadikan sasaran dalam penelitian ini adalah MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini subjek yang diambil adalah siswa kelas 3 MI Bendiljati Wetan Sumbergempol yang berjumlah 21 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan catatan lapangan. Metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa hasil belajar siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode demonstrasi, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Hasil penelitian adalah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar. Hal ini dibuktikan dari nilai pre tes yang diperoleh (51,2), post tes siklus I (77,3), dan hasil post tes siklus II (78,36).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 06 Feb 2015 01:22 |
Last Modified: | 06 Feb 2015 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1131 |
Actions (login required)
View Item |