ALFI 'INAYATUL FIRDAUS, 17204153114 (2019) ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C MTSN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI ALJABAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan logika berpikir siswa secara rasional dan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep perhitungan matematis pada materi Aljabar. Dalam penerapannya, kecerdasan logis matematis siswa mempengaruhi tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Kecerdasan logis matematis menekankan pada aspek logika berpikir. Oleh karena itu, peneliti berusaha memaparkan kecerdasan logis matematis siswa berdasarkan kemampuan matematika siswa pada materi Aljabar agar dapat dikembangkan dan tercapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa pada tingkat kemampuan matematika tinggi, 2) mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa pada tingkat kemampuan matematika sedang, 3) mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa pada tingkat kemampuan matematika rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Langkah awal penelitian ini dimulai dari tahap observasi, yaitu saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan tes tulis diikuti oleh 38 siswa kelas VII-C MTsN 2 Tulungagung dengan soal tes sebanyak 3 butir, berupa soal uraian. Selanjutnya, dilakukan proses wawancara dengan memilih 6 subjek yang mewakili kemampuan matematika dari tiap tingkatan, dengan ketentuan 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis pada setiap tingkatan kemampuan matematika siswa menunjukkan hasil yang berbeda dan sesuai dengan indikator komponen kecerdasan logis matematis Thomas Armstrong, yaitu 1) siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator dari 6 indikator komponen kecerdaan logis matematis, 2) siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika sedang memenuhi 3-4 indikator dari 6 indikator komponen kecerdasan logis matematis, 3) siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika rendah memenuhi 0-2 indikator dari 6 indikator komponen kecerdasan logis matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Skripsi 17204153114 Alfi 'Inayatul Firdaus |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 07:17 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11678 |
Actions (login required)
View Item |