PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI IBADAH PADA ANAK DI DUSUN PATIK DESA BATANGSAREN KAUMAN TULUNGAGUNG

LYANA YESY KHOIRUNNISA PUSMITA WATI, 1721143215 (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI IBADAH PADA ANAK DI DUSUN PATIK DESA BATANGSAREN KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ibadah Pada Anak di Dusun Patik Desa Batangsaren Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Lyana Yesy Khoirunnisa Pusmitawati, Pendidikan Agama Islam, NIM 1721143215, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah M.Fil.I. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Nilai Ibadah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam mendidik dan membimbing anaknya pada jaman yang modern ini. Orang tua memiliki peran yang besar dalam memberikan teladan dan pengawasan yang baik agar anaknya tidak terbawa oleh arus globalisasi dan menjadi anak yang shalih dan shalihah, yakni anak yang menjalin hubungan baik dengan Allah SWT dan dengan sesama makhluk-Nya. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah sholat pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung, 2) Bagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah membaca Al-Qur’an pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung, 3) Bagaimana kendala orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung 4) Bagaimana upaya orang tua dalam mengatasi kendala menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah tokoh masyarakat, orang tua, dan anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian adalah instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi teknis yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan beberapa sumber. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Peran orang tua dalam menanamkan nilainilai ibadah sholat pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung, diantaranya adalah memberikan pengawasan kepada anak agar disiplin mengerjakan sholat, memberikan motivasi kepada anak agar anak mau mengerjakan sholat, mengarahkan anak agar selalu dijalan yang benar dengan cara melaksanakan perintah Allah SWT, khususnya perintah mengerjakan sholat, mengajarkan anak bahwa sholat adalah ibadah yang utama di akhirat kelak, dan memberi contoh atau menjadi tauladan untuk anak dengan melaksanakan sholat tepat waktu atau berjamaah di musholla atau masjid, 2) Peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah membaca Al-Qur’an pada anak di dusun Patik desa Batangsaren Kauman Tulungagung, diantaranya adalah memberikan motivasi kepada anak agar anak mau membaca Al-Qur’an, memberikan pengawasan kepada anak agar selalu membaca Al-Qur’an, memberikan pembiasaan kepada anak dengan melakukan rutinitas membaca Al-Qur’an selesai sholat, membimbing anak dengan mengoreksi setiap ayat yang dibacanya meskipun sudah dititipkan disuatu lembaga pendidikan, memfasilitasi anak dengan memberikan Al-Qur’an sesuai keinginan anak, memberi contoh kepada anak dengan rutin membaca Al-Qur’an, misalnya selesai sholat maghrib, 3) Kendala yang dialami orang tua dalam menanamkan nilai-nilai ibadah kepada anak, di antaranya: perasaan malas dari diri anak, anak terpengaruh oleh android, anak terpengaruh oleh tayangan televisi, kesibukan anak di luar rumah yang mengakibatkan anak menjadi lelah dan malas, kesibukan dari orang tua, dan kurangnya pengawasan atau perhatian orang tua, 4) Upaya yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai ibadah kepada anak, diantaranya: memberikan motivasi kepada anak, memberikan nasehat kepada anak, memberikan pujian kepada anak, memberikan hukuman yang mendidik, dan memarahi anak tapi tidak dengan kekerasan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143215 LYANA YESY KHOIRUNNISA PUSMITA WATI
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:00
Last Modified: 22 Jul 2019 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item View Item