INNA FAUZIAH, 17204153030 (2019) ANALISIS KEYAKINAN MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATERI PERBANDINGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Keyakinan Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mojo Dalam Menyelesaikan Soal-soal Materi Perbandingan” ini ditulis oleh Inna Fauziah, NIM. 17204153030, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci: Kemampuan Matematika, Keyakinan Matematik, Soal Pemecahan Masalah, Perbandingan. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak siswa yang keyakinan matematiknya tergolong rendah. Banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika. Mereka tidak percaya diri dalam mengerjakan soal-soal pemecahan masalah terutama materi perbandingan. Padahal keyakinan matematik yang dimiliki siswa dapat menentukan bagaimana memilih satu pendekatan untuk memecahkan masalah, teknik yang akan digunakan atau dihindari, berapa lama menyelesaikan masalah dan seberapa keras usaha yang dilakukan, dan sebagainya. Sehingga siswa membutuhkan keyakinan matematik yang kuat agar tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana keyakianan matematik kelas VII SMP N 2 Mojo dalam menyelesaikan soal-soal materi perbandingan pada siswa yang berkemampuan tinggi. 2) Mendeskripsikan bagaimana keyakianan matematik kelas VII SMP N 2 Mojo dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah sedang. 3) Mendeskripsikan bagaimana keyakianan matematik kelas VII SMP N 2 Mojo dalam menyelesaikan soal-soal materi perbandingan pada siswa yang berkemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data yang diperoleh berupa data dokumentasi, hasil tes tertulis, hasil angket, dan hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian, yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampua sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Pemilihan subjek tersebut berdasarkan nilai matematika siswa pada Penilaian Harian (PH) materi perbandingan dan berdasarkan pertimbangan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) 2 subjek yang berkemampuan tinggi digolongkan dalam kelompok tingkat keyakinan matematik tinggi karena mampu melewati empat dari lima skala keyakinan matematik yaitu difficult problems, understanding, word problem, dan effort. 2) 2 subjek yang berkemampuan sedang digolongkan dalam kelompok tingkat keyakinan matematik sedang karena mampu melewati dua dari lima skala keyakinan matematik yaitu word problem, dan effort, sedangkan yang 1 subjek lainnya digolongkan dalam kelompok tingkat keyakinan matematik rendah karena tidak mampu melewati ke lima skala keyakinan matemaik. 3) 2 subjek yang berkemampuan rendah digolongkan dalam kelompok tingkat keyakinan matematik sedang karena mampu melewati dua dari lima skala keyaninan matematik yaitu word problem, dan effort.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153030 INNA FAUZIAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 06:56 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12350 |
Actions (login required)
View Item |