MENGGAGAS GENDER DAN PENDIDIKAN TRANSFORMATIF DI IAIN TULUNGAGUNG DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS DAKWAH DAN PERADABAN

Ahmad Nurcholis, 197808012009011006 (2017) MENGGAGAS GENDER DAN PENDIDIKAN TRANSFORMATIF DI IAIN TULUNGAGUNG DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS DAKWAH DAN PERADABAN. PSGA LP2M IAIN Tulungagung, Tulungagung.

[img]
Preview
Text
Jurnal Menggagas Gender0001.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/m...

Abstract

Kehadiran IAIN Tulungagung sebagai kampus dakwah dan peradaban di tengah-tengan masyarakat modern Indonesia saat ini bagaikan air hujan di tengah kegersangan tanah yang tandus. Sebab kampus dakwah dan peradaban diharapkan mampu menjawab krisis moral masyarakat global saat ini. Sebagai contoh krisis moral di tingkat elit sosial yang saat ini santer diberitakan oleh media massa, antara lain: trafficking, pelecehan seksual, korupsi, suap, makar, skandal perselingkuhan. Adapun Krisis moral pada tingkat remaja yang sangat meresahkan guru, dosen dan orang tua, antara lain: dropout, seks bebas, aborsi, maraknya anak jalanan (aliran punk). Artikel ini mengusung asumsi bahwa kampus dakwah dan peradaban akan semakin eksis bila memberdayakan gender dan pendidikan transformatif sebagai haluan perjuangan dakwahnya. Hal itu senafas dengan tujuan gender yang memperjuangkan kesetaraan di tengah budaya patriarkhi yang menindas perempuan. Sejalan pula dengan tujuan pendidikan transformatif yang berupaya untuk melahirkan insan cerdas komprehensif dan kompetitif. Maka sebenarnya titik temu antara gender, pendidikan transformatif serta kampus dakwah dan peradaban adalah pembebasan. Suatu misi yang sangat mulia yaitu membebaskan masyarakat modern Indonesia dari krisis moral, ketidak adilan, ketimpangan sosial, penjajahan intelektuan, kemaksiatan dan kegelapan spiritual.

Item Type: Other
Subjects: Jurnal
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. 197808012009011006 AHMAD NURCHOLIS
Date Deposited: 08 Aug 2019 10:07
Last Modified: 08 Aug 2019 10:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item