MUHAMMAD SETIAWAN YUSUP, 17302153001 (2019) MISTIS SINTESIS ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN: STUDI KASUS SANGGAR ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN TERTEK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Sintesis Mistik Aliran Kebatinan Perjalanan: Studi Kasus sanggar Aliran Kebatinan Perjalanan Tertek Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Setiawan Yusup, NIM 17302153001, pembimbing Dr. Mafthukin, M.Ag dan Akhol Firdaus M.Pd Kata kunci: Aliran Kebatinan Perjalan, Islam, Sintesis Mistik. Aliran Kebatinan Perjalanan merupakan pembahasan penting dalam kajian Kepercayaan di Indonesia. Karena Indonesia sebagai bangsa yang memiliki multi etnis-budaya dapat menjadi potensi kekayaan, baik secara akademis maupun secara politis. Menyadari hal tersebut, kajian aliran keper-cayaan kebatinan perjalanan dalam konteks Indonesia. Aliran kebatinan perjalanan dan islam merupakan dua kutub yang berbeda tapi mempunyai tujuan yang sama yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana model sintesis-mistik komunitas penghayat perjalanan di Tertek Tulungagung? (2) Ajaran-ajaran apa saja yang bisa di identifikasi sebagai sintesis mistik? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyingkap sintesis mistik antara aliran kebatinan perjalanan dan agama Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk memahami fenomena yang dialami saubjek penelitian dengan cara pendeskripsian. Melalui metode ini penelitian dapat dilakukan dalam keadaan yang alamiah atau natural. Secara lebih lanjut metodenya adalah pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintesis mistik penganut ajaran aliran kebatinan perjalanan di tertek bisa dilihat melalui tiga hal, yaitu satu identitas kebudayaan, identitas ke-Jawa-an yang ditandai dengan pengalaman spritual, dan tiga meyakini bahwa Tuhan sebagai tujuan utama dalam mengekspresikan segala ajaran yang ada. Ajaran dari Aliran Kebatinan Perjalanan meliputi ajaran tentang Tuhan, manusia dan alam. Semua ajaran tersebut diambil dari sepuluh wangsit (Dasa Wasita) yang merupakan ajaran pokok dari aliran kebatinan perjalanan tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Filosofi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Filsafat Agama |
Depositing User: | 17302153001 MUHAMMAD SETIAWAN YUSUP |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 04:08 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13570 |
Actions (login required)
View Item |