DIKY MOHAMAD FAUZI, 17306153026 (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENGEMBANGKAN KETANGGUHAN DIRI (RESILIENSI) ATLET ESPORT. [ Skripsi ]
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (270kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (173kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Untuk Mengembangkan Ketangguhan Diri (Resiliensi) Atlet eSport” ditulis oleh Diky Mohamad Fauzi, NIM. 17306153026 Jurusan BimbinganKonseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Permainan Peran, Atlet eSport Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana dunia game berkembang begitu pesat yang saat ini game bukan hanya menjadi hiburan untuk mengisi waktu luang saja. Game bertransformasi menjadi sebuah olahraga elektronik dengan nama eSport. Belum banyaknya pengetahuan mengenai eSport menjadikan masyarakat enggan untuk melirik dunia ini, maka perlu adanya sosialisasi dan bimbingan agar persebaran informasinya terarah serta tidak menimbulkan dampak negatif. Sebenarnya banyak atlet dari berbagai pelosok negeri itu berbakat yang muncul tanpa dilatih, namun banyak juga talent eSport yang masih belum bisa bangkit namun berpotensi untuk dapat dibina, para calon atlet yaitu mereka belum mampu mengontrol emosi dan cenderung mudah menyerah sehingga membuat permainan mereka kacau. Bimbingan kepada para calon atlet eSport dirasa perlu untuk membuka pandangannya agar lebih terbuka dan dapat menerima kritik dari pelatih ataupun saran dari teman-temannya. Juga sebagai ajang untuk membentuk ketangguhan pada dirinya. Mental ini bukan hanya tentang konsentrasi, namun juga tentang emosi. Kegelisahan penelitian ini adalah bagaimana ketangguhan (resiliensi) diri atlet esport dan pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dalam mengambangkan ketangguhan diri (resiliensi) atlet esport serta efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dalam mengambangkan ketangguhan diri (resiliensi) atlet esport. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang memungkinkan pencatatan penelitian dalam bentuk angka dengan teknik random sampling yaitu suatu teknik mengambil individu untuk sampel dari populasi dengan cara random atau tidak pandang bulu. Jenis penelitian dengan metode eksperimen Pre-Experimental Designs dengan desain One Grup Pretest-Posttes, untuk menggambarkan dengan jelas bagaimana pengaruh pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap ketangguhan diri (resiliensi) atlet eSport Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dapat membantu mengembangkan resiliensi atlet eSport dibuktikan dengan dapat membantu atlet mengelola resiliensi dengan baik sehingga bisa berpikir strategis, dan sistematis yang berdapak pada umpan balik yang motivasi diri. Resiliensi atlet sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori rendah. Setelah diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok teknik permainan simulasi rata-rata ada perkembangan resiliensi dalam diri atlet.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kesejahteraan Sosial Pengembangan Masyarakat Islam Psikologi Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | S.Sos 17306153025 Diky Mohamad Fauzi |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 06:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13642 |
Actions (login required)
View Item |