Nuzlul, Khurwati (2012) Implementasi model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (225kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (741kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (741kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
|
Text
Cafer Q.doc Download (119kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (35kB) |
|
Text
Kata Pengantar.doc Download (182kB) |
Abstract
Kata kunci : kooperatif learning tipe STAD, hasil belajar matematika. Pada proses belajar mengajar, sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung, masih banyak siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam matematika terutama pada materi pokok persamaan linier satu variabel. Hal ini terlihat dan hasil nilai rata-rata yang dicapai kelas VII pada pokok bahasan tersebut pada tahun pelajaran 2011/2012. Atas pertimbangan diatas, maka diterapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD yang mana dapat memberikan suasana yang lain dalam kelas sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, observasi, revleksi dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa diambil dari data hasil test siklus I dan siklus II. Sedangkan data pada proses pembelajaran guru dan keaktifan siswa diambil dari lembar observasi dan pengamatan pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 65 pada aspek pemahaman konsep 68,8% pada siklus I dan 77,8% pada siklus II. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata skor pada siklus I diperoleh 71,4% dan pada siklus II diperoleh 82,8%. Hasil pengamatan kooperatif untuk guru pada siklus I skor rata-rata 77,5% dan 86,2% pada siklus 2. Simpulan dalam peneliti ini bahwa dengan menggunakan modal pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012 pada materi pokok persamaan linier satu variabel. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD perlu dilaksanakan oleh guru SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 03:46 |
Last Modified: | 25 Mar 2015 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1387 |
Actions (login required)
View Item |