PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIKIH DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

BANGKIT INDRA PURNAWAN, 17201153054 (2019) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIKIH DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Bangkit Indra Purnawan, NIM. 17201153054, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran di sekolah sudah merupakan kebutuhan dan keharusan mengingat kemajuan, perkembangan ilmu pengatahuan, dan tuntutan jaman serta menjawab tantangan jaman. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap meningkatknya kualitas pemebelajaran supaya siswa mempunyai pemahaman tentang materi fikih. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung? (2) Bagaimana pemanfaatan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung? (3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan pemanfaatan komputer dan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemanfaatan komputer dan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan (1) kualitatif, peneliti sebagai key instrument. (2) Sumber data penelitian,dua guru fikih dan siswa, (3) Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. (4) Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. (5) Teknik pengecekan keabsahan temuan melalui tiga kriteria, yaitu perpanjang keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Temuan penelitian (1) Penggunaan komputer sebagai media dalam pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung ini bukan sekedar upaya untuk membantu guru dalam mengajar, tetapi lebih dari itu sebagai usaha yang ditujukan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pelajaran agama. Untuk mencapai kualitas pembelajaran fikih ada 10 indikator yaitu a. lingkungan fisik kelas 7 A dan 8 A dikelola cukup baik untuk mendukung pembelajaran. b. Guru fikih dapat menguasai situasi belajar siswa sehingga pembelajaran kondusif. c. Guru fikih mampu menyampaiakan materi pelajaran dengan jelas dengan menggunakan media komputer. d. Guru fikih menyampaikan materi secara sistematis. e. Guru fikih mampu menyajikan materi dengan bijaksana. f. Guru fikih mampu membuat pembelajaran sesuai dengan kenyataan di kehidupan. g. Ada penilaian diagnostik dari guru fikih. Dibuktikan dengan adanya ulangan harian dan semester. h. Siswa kelas 7 dan 8 A memiliki kebiasaan menulis materi yang disampaikan guru fikih meskipun hanya beberapa siswa saja. i. Pembelajaran fikih berlangsung dengan proses yang dapat diterima secara rasional. j. Pembelajaran fikih pada kelas 7 A dan 8 A sudah menggunakan teknologi berbasis komputer. (2) Dalam proses pembelajaran fikih di MTsN 6 Tulungagung, siswa tidak hanya menerima materi dari penjelasan guru dan buku namu, sudah diberi tugas untuk mencari materi tambahan di internet. Hal ini sangat posititif karena bisa menambah wawasan siswa dalam mempelajari agama secara komprehensif. Untuk mencapai kualitas pembelajaran fikih ada 10 indikator yaitu a. lingkungan fisik kelas 7 A dan 8 A dikelola cukup baik untuk mendukung xiii pembelajaran. b. Guru fikih dapat menguasai situasi belajar siswa sehingga pembelajaran kondusif. c. Guru fikih mampu menyampaiakan materi pelajaran dengan jelas dengan menggunakan media internet. d. Guru fikih menyampaikan materi secara sistematis. e. Guru fikih mampu menyajikan materi dengan bijaksana. f. Guru fikih mampu membuat pembelajaran sesuai dengan kenyataan di kehidupan. g. Ada penilaian diagnostik dari guru fikih. Dibuktikan dengan adanya ulangan harian dan semester. h. Siswa kelas 7 dan 8 A memiliki kebiasaan menulis materi yang disampaikan guru fikih meskipun hanya beberapa siswa saja. i. Pembelajaran fikih berlangsung dengan proses yang dapat diterima secara rasional. j. Pembelajaran fikih pada kelas 7 A dan 8 A sudah menggunakan teknologi berbasis internet. (3) Penggunaan komputer dan internet tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihannya yaitu menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang agama, proses pembelajaran lebih menarik, dan proses pembelajaran bisa kondusif. Sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan biaya yang mahal untuk pengadaan perlengkapan TIK dan Menyita waktu yang cukup dalam menyiapkan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153054 BANGKIT INDRA PURNAWAN
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:16
Last Modified: 20 Nov 2019 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item View Item