DIAH NUR HAYATIN, 17201153383 (2020) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DAN KH. AHMAD DAHLAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (803kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
x ABSTRAK Skripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan” ini ditulis oleh Diah Nur Hayatin, NIM. 17201153383, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Islam, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan Pendidikan Islam di Indonesia saat ini telah cukup berkembang. Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia tidak terjadi begitu saja. Banyak kontribusi tokoh-tokoh pendidikan Islam, diantaranya adalah KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan. Kedua tokoh ini merupakan pejuang dan pembaharu pendidikan Islam di Indonesia dengan gagasan dan pemikirannya masing-masing. Pendidikan tradisional yang masih banyak diterapkan di pondok pesantren salaf dan pendidikan Islam yang diterapkan di sekolah-sekolah formal memiliki keunggulan dan perbedaan masing-masing. Dengan adanya perbedaan tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji kembali pemikiran mereka mengenai pendidikan dalam sebuah karya ilmiah berupa skripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan” Fokus penelitian ini adalah konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari, konsep pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan, persamaan dan perbedaan konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari? 2. Bagaimanakah konsep pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? 3. Apakah persamaan dan perbedaan konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari, 2) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan, 3) Untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan, dengan pendekatan penelitian hermeneutik dan jenis metode komparatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu sumber data primer sebagai sumber data utama dan sumber data sekunder sebagai sumber data pendukung. Adpun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dijelaskan sebagai berikut: a) Hakikat pendidikan, yaitu usaha sadar seorang muslim untuk membimbing atau mengarahkan pertumbuhan fitrah anak didik melalui pembelajaran Islam agar mencapai titik maksimal pertumbuhannya, b) Tujuan pendidikan Islam secara umum adalah untuk meningkatkan keimanan, pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman seseorang mengenai ajaran Islam sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, c)Kurikulum dalam konsep pendidikan KH. Hasyim Asy’ari lebih banyak mengarah pada ilmu agama diantaranya fiqh, tasawuf, tauhid, akhlak, tafsir, dan sebagainya, d) Pendidik adalah orang yang memiliki kelebihan dalam ilmu pengetahuan dan menyalurkannya kepada peserta didik, sehingga peserta didik harus selalu bersikap hormat, e) Metode dan Evaluasi Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari masih bersifat tradisional, diantaranya metode sorogan dan bandongan. 2) Konsep pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan dijelaskan sebagai berikut: a) Tujuan pendidikan Islam yaitu untuk menciptakan manusia yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, berakhlak mulia, dan memiliki keteguhan iman, b) Kurikulum dalam konsep pendidikan KH. Ahmad Dahlan yaitu penggabungan antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum, seperti fiqh, akhlak, tauhid, ilmu falak, politik, ekonomi, dan sebagainya, c) Metode pendidikan Islam, KH. Ahmad Dahlan menggunakan metode gabungan antara metode tradisional seperti sorogan dan hafalan, serta metode pendidikan kolonial seperti ceramah di dalam kelas dengan media kapur dan papan tulis. 3) Persamaan konsep pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan terdapat pada konsep hakikat pendidikan, tujuan pendidikan, serta dasar pemikiran yang mereka gunakan. Sedangkan perbedaan konsep kedua tokoh tersebut terdapat pada metode pembelajaran, kurikulum, konsep pendidik, serta aktualisasi pengamalan materi yang telah diajarkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153383 DIAH NUR HAYATIN |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 01:17 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 01:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14278 |
Actions (login required)
View Item |