ASAAS AHSANUL HUKMI, 17201153345 (2020) STRATEGI GURU AL QUR’AN HADIST DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
xii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al Quran Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di MAN 1 Tulungagung” di tulis oleh Asaas Ahsanul Hukmi, NIM 17201153345, Pembimbing Dr. Sokip, M. Pd. I Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Konteks Penelitian: Penelitian ini di latar belakangi dengan pentingnya kedudukan Al Quran dalam kehidupan Manusia khususnya umat Muslim sebagai pedoman hidup, sebagai umat muslim wajib hukumnya untuk mempelajarinya, tetapi dalam proses pembelajaran Al Quran dan Hadits ini terdapat kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik MAN 1 Tulungagung yang tidak jarang mereka masih kesulitan dalam membaca, menulis dan memahami makna Al Quran Hadits. Maka dibutuhkan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik agar dapat memahami Al Quran hadits sehingga menjadikan Al Quran Hadits sebagai tuntunan hidup. Fokus Penelitian: (1) Bagaimana bentuk kesulitan belajar dalam mata pelajaran Al Quran Hadits yang dihadapi peserta didik di MAN 1 Tulunagaung, (2) Bagaimana Strategi Guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung, (3). Bagaimana hambatan Guru Mata pelajaran Al Quran Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik MAN 1 Tulungagung . Tujuan Penelitian : (1) untuk mengetahui bagaimana bentuk kesulitan belajar dalam mata pelajaran Al Quran Hadits yang di hadapi peserta didik di MAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru mata pelajaran Al Quran Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui bagaimana hambatan guru mata pelajaran Al Quran Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN 1 Tulunagung. Metode Penelitian: Penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dolumentasi dengan teknik analisi data melalui reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triagulasi dan pengecekan teman sejawat. Tahap penelitian, peneliti mengunakan tahap Pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisi data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian: (1) Bentuk kesulitan belajar yang di hadapi peserta didik berupa(a) kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan dan psikologis (b) kesulitan belajar yang berhubungan akademik. (2) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik berupa, mengidentifikasi permasalahan peserta didik serta menentukan kualifikasi tujuan pembelajaran, memilih dan menetapkan pendekatan, prosedur, metode teknik pembelajaran dengan bervariasi, menentukan batas minimal untuk mengukur keberhasilan dalam pelaksanaan strategi-strategi yang telah dilaksanakan. (3) hambatannya: latar belakang peserta didik yang berbeda,kedisiplinan peserta didik, kurangnya waktu .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153345 ASAAS AHSANUL HUKMI |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 04:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14425 |
Actions (login required)
View Item |