PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII C DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG PADA MATERI SPLDV TAHUN AJARAN 2019/2010

NILA VERONICA PERMATASARI, 17204163065 (2020) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII C DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG PADA MATERI SPLDV TAHUN AJARAN 2019/2010. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Permatasari, Nila Veronica. 2020. Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII C di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung pada Materi SPLDV Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Profil, Representasi, Representasi Matematis Penelitian ini dilatar belakangi karena fenomena bahwa kemampuan representasi matematis bukan menjadi perhatian utama oleh guru. Padahal kemampuan representasi matematis penting untuk dimiliki siswa, karena melibatkan proses berpikir dalam menyelesaikan masalah. Sehingga kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII C di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung pada materi SPLDV tahun ajaran 2019/2020 tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII C di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung pada materi SPLDV tahun ajaran 2019/2010. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung pada materi SPLDV tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian di SMPN 3 Kalidawir tentang kemampuan representasi matematis ini adalah pada representasi kata-kata atau teks tertulis, siswa dengan KAM rendah mampu mengidentifikasi soal, namun belum mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata secara jelas dan logis. Sedangkan siswa dengan KAM sedang mampu mengidentifikasi soal dengan baik,dan mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan kata-kata dengan menggunakan bahasanya sendiri secara jelas dan logis, namun belum menuliskan kesimpulan dari soal cerita yang diberikan. Sedangkan pada representasi persamaan atau ekspresi matematis, siswa dengan KAM rendah mampu membuat model matematika dari soal cerita yang diberikan dengan bantuan teman disampingnya, namun belum mampu menyelesaikan soal SPLDV karena belum ada motivasi dan semangat untuk mempelajari matematika. Sedangkan siswa dengan KAM sedang sudah mampu membuat model matematika yang digunakan untuk menyelesaikan soal pada materi SPLDV. Namun pada representasi visual, siswa dengan KAM rendah tidak mampu menyelesaikan soal yang diberikan, dikarena kurangnya motivasi yang dimiliki siswa dalam mengerjakan maupun mempelajari matematika. Sedangkan untuk siswa dengan KAM sedang telah mampu menyajikan informasi yang diberikan ke dalam bentuk grafik, namun belum mampu menyelesaikan masalah dengan representasi visual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163065 Nila Veronica Permatasari
Date Deposited: 20 Mar 2020 06:47
Last Modified: 25 Mar 2020 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14851

Actions (login required)

View Item View Item