Binti Maunah, 196509031998032001 (2016) Peer Review Jurnal Dampak Regulasi di Bidang TIK Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY, Yogyakarta.
|
Text
Peer Review Jurnal Dampak Regulasi di Bidang TIK Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis regulasi di bidang TIK yang disusun oleh SMK Sore Sunan Rahmat di Tulungagung, dampak positif dan negatif yang terjadi, dan berbagai perubahan perilaku sosial siswa pasca regulasi TIK. Metode yang dingunakan yaitu penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil participation observation dan in-depth interview. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data display, data reduction, classification, dan conclusion). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) terdapat empat regulasi TIK yang disusun, yaitu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah, membentuk ICT center. membentuk Jejaring Pendidikan Siswa (Jardikwa), mengembangkan TIK secara mandiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain, 2) terdapat dampak positif dan negatif regulasi pemanfaatan TIK, namun dampak positif telah mendominasi regulasi itu, dan 3) perubahan sikap sosial yang terjadi mayoritas bersifat positif dan mampu meningkatkan mutu layanan sekolah kepada siswa. Keywords: regulasi, teknologi, informasi, komunikasi, perilaku sosial
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Jurnal |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Doktor 196509031998032001 Binti Maunah |
Date Deposited: | 18 May 2020 02:25 |
Last Modified: | 18 May 2020 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14972 |
Actions (login required)
View Item |