Peer Review Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Karakter dengan Sistem Full Day School (FDS)

Hikmah Eva Trisnantari, 0728087302 and Prim Masrokan Mutohar, 197206082002121001 and Sulastri Rini Rindrayani, 0016026801 (2019) Peer Review Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Karakter dengan Sistem Full Day School (FDS). Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY, Jurnal Pendidikan Karakter.

[img] Text
Peer Rwview Manajemen Peningkatan Mutu Pemb Berbasis Karakter dg sistem FDS.pdf

Download (528kB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peningkatan mutu pembelajaran berbasis karakter dengan sistem full day school (FDS). Agar tujuan tersebut bisa tercapai dengan baik maka digunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus di madrasah dan sekolah unggul di Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Blitar. Data digali dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan peningkatan mutu pembelajaran berbasis karakter didasarkan pada kurikulum nasional, kurikulum sekolah, program-program unggulan sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan sistem integrated curriculum; (2) pelaksanaan peningkatan mutu pembelajaran berbasis karakter dilaksanakan berdasarkan komitmen untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah dengan sistem pembelajaran aktif, mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran, dan adanya intervensi dan habituasi dalam penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa; dan (3) evaluasi dan pengendalian mutu pembelajaran berbasis karakter dilaksanakan dengan sistem authentic assessment

Item Type: Other
Subjects: Jurnal
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr 197206082002121001 Prim Masrokan Mutohar
Date Deposited: 07 Jun 2020 12:12
Last Modified: 07 Jun 2020 12:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item