ELLY PUJI LESTARI, 17505164018 (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL SETTING TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SOAL CERITA BANGUN RUANG KELAS V MI TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (270kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (278kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Model Setting Treffinger Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Pada Soal Cerita Bangun Ruang kelas V MI/SD MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung” yang ditulis oleh Elly Puji Lestari, NIM. 17505164018, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pasca Sarjana Institut Agama Islam (IAIN). Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. dan Dr. Eny Setyowati, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : Model Setting Treffinger, kreativitas, bangun ruang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah yang biasanya kita temui siswa-siswi mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Matematika. Inti dari pembelajaran matematika adalah pemecahan masalah, sehingga kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa adalah standar minimal tentang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang terefleksi pada pembelajaran matematika dengan kebiasaan berpikir dan bertindak memecahkan masalah. Pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada pendidikan yang masih monoton, sementara rangsangan daya pikir kreatif terabaikan. Bahkan pada beberapa kasus sekolah cenderung menghambat kreativitas, antara lain, dengan mengembangkan kekakuan berimajinasi pada anak. Di sekolah anak dilatih hanya untuk mencari satu jawaban dari suatu persoalan. Jawaban harus bersifat tunggal dan seragam, sesuai yang diinginkan guru Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang efektif dan mampu meningkatkan kreativitasn siswa. Model Setting Treffinger sebagai salah satu model belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang khususnya pada soal cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana spesifikasi modul pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Setting Treffinger?, 2. Bagaimana kepraktisan modul pembelajaran matematika dengan menggunakan Setting Treffinger?, 3. Bagaimana efektivitas dan efisiensi modul pembelajaran matematika dengan menggunakan Setting Treffinger? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan spesifikasi modul pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Setting Treffinger, 2. Untuk mendeskripsikan kepraktisan modul pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Setting Treffinger, 3. Untuk mendeskripsikan efektivitas dan efisiensi modul pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Setting Treffinger. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 40 siswa. Tahapan-tahapan penelitian ini meliputi studi pendahuluan, perencanaan yang meliputi penetapan spesifikasi produk, penetapan partisipan, penyusunan bahan ajar yang dikembangkan, uji coba produk. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil perhitungan Ha : Ada perbedaan yang signifikan (5%) antara kelas yang menggunakan modul pembelajaran matematika dengan model Setting Treffinger dengan yang tidak menggunakan modul pembelajaran matematika dengan model Setting Treffinger. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Setting Treffinger dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi bangun ruang khususnya soal cerita peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 49,25 dan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol adalah 41,25. Dan setelah penggunaan modul dengan model Setting Treffinger nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen adalah 83,90 dengan nilai terendah adalah 78 dan nilai tertinggi adalah 95. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 79,95 nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 90. Hasil prosentase modul menunjukkan hasil 88% dengan tingkat kevalidan yang sangat valid dan dengan keterangan tidak revisi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | ELLY PUJI LESTARI 17505164018 |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 03:49 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16172 |
Actions (login required)
View Item |