PENGARUH MARKETING MIX DAN TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH SIMPANAN DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG

MUCHAMAD IRFAN AMINNUDIN, IRFAN (2015) PENGARUH MARKETING MIX DAN TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH SIMPANAN DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
ISI SKRIPSI.doc

Download (713kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Marketing Mix dan Triangle Marketing Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Simpanan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Tulungagung” ini ditulis oleh Muchamad Irfan Aminnudin, 3223113068, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. Nur Aini Latifah, SE., MM. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh setiap pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, berkembang dan mendapatkan laba, kegiatan pemasaran menjadi salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang harus dilakukan. Kegiatan pemasaran juga berlaku pada badan usaha seperti perbankan syariah. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya bank syariah harus sangat baik secara kualitas, untuk meningkatkan kualitas perbankan salah satunya adalah melalui pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan salah satu nya menggunakan marketing mix dan triangle marketing. Indikator dalam Marketing mix yaitu product, price, promotion, place, people, process, physical evidence. Kemudian indikator dari triangle marketing yaitu internal marketing (IM), eksternal marketing (EM), interactive marketing (ITM). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh marketing mix dan triangle marketing terhadap keputusan menjadi nasabah simpanan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah simpanan di Bank Muamalat Cabang Pembantu Tulungagung ? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Triangle marketing terhadap keputusan menjadi nasabah simpanan di Bank Muamalat Cabang Pembantu Tulungagung ? (3) Apakah secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara Marketing mix dan Triangle marketing terhadap keputusan menjadi nasabah simpanan di Bank Muamalat Cabang Pembantu Tulungagung ?. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang diisi oleh nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis uji reliabilitas dan validitas, uji regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dari hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa, (1) variabel marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasbah diketahui bahwa nilai 0.430 dan nilai signifikansi 0.000, (2) variabel triangle marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan nasabah diketahui bahwa nilai – 0.012 dan nilai signifikansi 0.829, (3) secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi α 5% menunjukkan bahwa variabel marketing mix dan triangle marketing berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Tulungagung yaitu sebesar 57.796 dengan tingkat signifikansi 0.000. Kata kunci : marketing mix, triangle marketing, dan keputusan nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: steven oke
Date Deposited: 29 Jun 2015 04:19
Last Modified: 29 Jun 2015 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item