KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KEDIRI

TSAMROTUL FIKRIYYAH, 17204163188 (2020) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri” ini ditulis oleh Tsamrotul Fikriyyah, NIM 17204163188, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras, Gaya Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa banyak siswa yang cenderung lupa dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi-materi selanjutnya karena materi matematika saling berkaitan antara materi satu dengan materi yang lainnya. Siswa juga kurang mampu menyatakan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan setiap kali diberi soal matematika. Siswa masih bingung bilangan mana yang harus ia masukkan ke dalam rumus. Selain itu, siswa mengalami kesulitan saat diberikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Padahal ilmu matematika berpengaruh penting bagi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo yang memiliki gaya kognitif Field Dependent dengan skor terendah pada tes GEFT pada materi teorema Pythagoras dan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo yang memiliki gaya kognitif Field Independent dengan skor tertinggi pada tes GEFT pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes gaya kognitif dengan instrumen Group Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan koneksi matematis, wawancara, dan dokumentasi. Tes gaya kognitif dengan instrumen Group Embedded Figure Test (GEFT) digunakan untuk pengambilan subjek. Subjek penelitian ini yaitu 4 siswa kelas VIII F MTs Sunan Kalijogo Kediri, yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dan 2 siswa bergaya kognitif field independent (FI). Tes koneksi matematis dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kemampuan koneksi matematis siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri sebagai berikut: (1) Siswa dengan gaya kognitif field dependent dengan skor terendah pada tes GEFT belum mampu mengoneksikan gagasan-gagasan, belum mampu mengoneksikan antar konsep matematika dan belum mampu mengoneksikan matematika dengan kejadian pada kehidupan sehari-hari. (2) Siswa dengan gaya kognitif field independent dengan skor tertinggi pada tes GEFT mampu mengoneksikan gagasan-gagasan, mampu mengoneksikan antar konsep matematika dan mampu mengoneksikan matematika dengan kejadian pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163188 TSAMROTUL FIKRIYYAH
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:21
Last Modified: 22 Sep 2020 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16595

Actions (login required)

View Item View Item