PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V MI DARUSSA’ADAH DOMASAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SHOLIKAH, ERLIYANA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V MI DARUSSA’ADAH DOMASAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Erliyana Sholikah, NIM : 3217113031, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Darusa’adah selama ini lebih menekankan pada metode pembelajaran yang konvensional, dimana saat proses pembelajaran berlangsung guru yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa cepat merasa bosan. Akibatnya hasil belajar siswa kurang baik. Berawal dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan keputusan bersama pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama dapat meningkatkan tanggung jawab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung? (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung dengan jumlah 22 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain: tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan tanggung jawab dengan indikator tanggung jawab secara individu dan tanggung jawab dalam kelompok. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif ini pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan indikator dapat menjelaskan definisi keputusan bersama, menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama, menjelaskan priinsip-prinsip musyawarah dan mufakat, menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, dan melaksanakan hasil musyawarah, dan menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada tes formatif siklus I yaitu 73,18 dengan presentase ketuntasan belajar 63,63%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 86,77 dengan presentase ketuntasan 86,36%. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ERLIYANA SHOLIKAH
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:01
Last Modified: 02 Jul 2015 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item