Agnesya, Maldini (2015) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK SEGITIGA DI MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN KELAS VII TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI UPLOAD1.pdf Download (158kB) |
||
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf Download (710kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Abstraksi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Segitiga Di MTsN Aryojeding Rejotangan Kelas VII Tahun Pelajaran 2014 / 2015” ini disusun oleh Agnesya Maldini dan dibimbing oleh Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Abstraksi, Menyelesaiakan Soal, Segitiga Pada dasarnya, kemampuan matematis siswa dalam mencerna sebuah soal hingga menemukan jawaban yang benar merupakan suatu tingkat intelegensi tertentu yang dimiliki setiap siswa. Berpikir abstrak atau abstraksi merupakan salah satu jenis kemampuan yang merupakan atribut Inteligensi. Seseorang dapat dikategorikan sebagai orang cerdas, bila mempunyai kemampuan abstraksi secara benar dan tepat. Aspek yang ditekankan dalam kemampuan abstraksi adalah penggunaan efektif dari konsep-konsep serta simbol-simbol dalam menghadapi berbagai situasi khusus dalam menyelesaikan sebuah masalah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi siswa kelas VII MTsN Aryojeding Rejotangan pada level Recognition (pengenalan) dalam menyelesaikan soal materi pokok segitiga. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi siswa kelas VII MTsN Aryojeding Rejotangan pada level Representation (representasi) dalam menyelesaikan soal materi pokok segitiga. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi siswa kelas VII MTsN Aryojeding Rejotangan pada level Structural abstraction (abstraksi struktural) dalam menyelesaikan soal materi pokok segitiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian terkait dengan kemampuan abstraksi secara holistik dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Pengambilan data dilakukan dengan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan data reduction, data display, data conclucion drawing/verification. Hasil kemampuan abstraksi siswa kelas VII – A dalam menyelesaikan soal materi pokok Segitiga pada level recognition (pengenalan) sebagian siswa mampu dengan baik mengenal struktur matematika baru dengan mengidentifikasi struktur sebelumnya dari ketiga soal, dan sebagian lagi belum mampu dengan baik mengenal struktur matematika baru dengan mengidentifikasi struktur sebelumnya. Terbukti dengan sebagian besar siswa kelas VII – A memiliki skor kurang dari skor maksimal per item yaitu kurang dari 6. Level representation (representasi) pun demikian, sebagian siswa mampu dengan baik menyatakan masalah kedalam bentuk matematika, dan sebagian lagi belum mampu dengan baik merepresentasikan soal kedalam kalimat matematika. Terbukti dengan sebagian besar siswa kelas VII – A memiliki skor kurang dari skor maksimal per item yaitu kurang dari 9. Pada level Structural Abstraction (Abstraksi Struktural), sebagian siswa mampu dengan baik membuat abstraksi dan representasi penyelesaian matematika, dan sebagian lagi belum mampu membuat abstraksi dan representasi penyelesaian matematika. Terbukti dengan sebagian besar siswa kelas VII – A memiliki skor kurang dari skor maksimal per item yaitu kurang dari 9.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | agnesya mal dini |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:09 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1692 |
Actions (login required)
View Item |