ANIS MAHARANI, 17204163066 (2020) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAH AN MASALAH PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI SPLDV. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BABI VI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Penyelesaian Soal Cerita Materi SPLDV‖ ini ditulis oleh Anis Maharani, NIM. 17204163066, Pembimbing Nur Cholis, SPd.I M.Pd. Kata Kunci:Kecerdasan Logis-Matematis, Pemecahan Masalah. Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep dari rangkaian cerita, mengaitkan antara konsep matematika yang satu dengan yang lain, serta belum mampu merumuskannya dengan pemikiran yang logis, sistematis dan kritis. Sehingga dikatakan kemampuan matematika siswa masih tergolong rendah. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan matematis siswa adalah kecerdasan Logis Matematis Siswa yang belum digunakan dalam memecahkan masalah matematis seperti soal bentuk cerita. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas X SMK Sore Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Sore Tulungagung, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X- TPm SMK Sore Tulungagung yang berjumlah 25siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa yang diambil dari jumlah populasi dengan metode random. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis diatas menunjukkan bahwa diperoleh persamaan regresi yaitu . Berdasarkan pengujian hipotesis statistic diperoleh F = 50,200 dan F = 4,22. Sehingga diambil keputusan bahwa H ditolak karena F > F dan besarnya signifikansi 0,000 > 0,05 . untuk nilai t =7.085 dan t = 1,714. Sehingga t > t dan besarnya signifikansi 0,000 > 0,05. artinya ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV. Kemudian besar kontribusi kecerdasan logis matematis mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah, dapat dilihat pada nilai sebesar 0,686. Kemudian setelah dihitung menggunakan rumus determinan diperoleh 68,6%, yang artinya kecerdasan logis memberikan kontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 68,6%, sedangkan sisanya 31,4% dipengaruhi variable lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163066 ANIS MAHARANI |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 06:40 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17627 |
Actions (login required)
View Item |