IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING DALAM PENCAPAIAN TARGET SIMPANAN DAN PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BMT HARUM TULUNGAGUNG

FATKUROHIM, - (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING DALAM PENCAPAIAN TARGET SIMPANAN DAN PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BMT HARUM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 1 - BAB 5.pdf

Download (617kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Marketing dalam Pencapaian Target Dana Simpanan dan Penyaluran Pembiayaan di BMT Harum Tulungagung” ditulis oleh Fatkurohim, Nim: 3223113036, pembimbing Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya BMT yang muncul di Tulungagung. Maka dari itu setiap BMT diharuskan untuk menciptakan strategi maketing yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan yang dihimpun melalui dana simpanan dan penyaluran pembiayaannya dengan pembiayaan yang diberikan kepada nasabah yang mengajukan. Kedua hal tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan dana yang dihimpun oleh BMT. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimanakah strategi marketing pada BMT Harum dalam pencapaian target dana simpanan dan penyaluran pembiayaan? (2) apa saja faktor-faktor yang menghambat implementasi strategi marketing dalam pencapaian target dana simpanan dan penyaluran pembiayaan di BMT Harum Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi marketing dalam pencapaian target dana simpanan dan penyaluran pembiayaan di BMT Harum Tulungagung. (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam implementasi strategi marketing dalam pencapaian target dana simpanan dan penyaluran pembiayaan di BMT Harum Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian study kasus, dimana peneliti mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan, lembaga, maupun masyarakat yang diteliti dengan beberapa tehnik pengumpulan data. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisys flow model (model alur), dengan tahapan data collection, editing, reduction, display, verifikasi, dan data konklusi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi dengan sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa (1)Strategi marketing yang dilakukan oleh BMT Harum dalam mencapai target simpanan dan penyaluran pembiayaan, dengan cara sosialisasi yakni menjalin kekeluargaan kepada calon nasabah, menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah, dan menggandeng UKM-UKM di wilayah tertentu. Selain itu BMT juga melakukan strategi marketing seperti BMT pada umumnya yakni mengeluarkan brosur dan iklan, meski brosur dan iklan bukan menjadi alat yang diutamakan, karena di BMT Harum lebih mengutamakan promosi dengan silaturahmi (2)faktor-faktor yang menghambat dalam implementasi strategi marketingnya yakni kurangnya pemahaman masyarakat terhadap prinsip syariah, adanya unsur ketidak percayaan kepada BMT, dan lain-lain. Kata kunci : Strategi Marketing, Dana simpanan, Pembiayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: FATKUROHIM -
Date Deposited: 31 Aug 2015 06:44
Last Modified: 31 Aug 2015 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item