PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

Yuningtyas, Ermawati (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (853kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuningtyas, Ermawati. NIM. 3214113067. 2015. Pengembangan Modul Matematika Materi Program Linear dengan Pendekatan Berbasis Masalah Sebagai Upaya Peningkatan Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul, Pendekatan Berbasis Masalah, Proses Berpikir Kreatif Siswa Penelitian ini dilandasi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar untuk siswa jenjang SMK khususnya dalam mata pelajaran matematika. Bahan ajar yang digunakan kadang kurang sesuai dengan tingkat program keahlian masing-masing jurusan, serta buku paket yang beredar kurang sesuai dengan silabus, sehingga guru harus mencatat kembali materi di papan tulis. Di dalam mengerjakan soal pun masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal berupa soal cerita. Selain itu siswa juga belum berani untuk mengeksplorasi pengetahuannya, mereka masih saja terpaku pada konsep yang diberikan oleh guru. Atas dasar ini penelitian dengan judul Pengembangan Modul Matematika Materi Program Linear dengan Pendekatan Berbasis Masalah Sebagai Upaya Peningkatan Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung ini dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menghasilkan produk modul matematika dengan pendekatan berbasis masalah untuk siswa kelas X SMK pada materi program linear yang valid dan efektif, serta untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan produk pengembangan modul matematika dengan pendekatan berbasis masalah terhadap proses berpikir kreatif siswa. Pengembangan modul dengan pendekatan berbasis maslah ini menggunakan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan modul ini melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) tahap perencanaan draft produk awal, (4) tahap uji validitas pakar, (5) tahap revisi produk, (6) tahap diseminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil validitas modul dengan pendekatan berbasis masalah ini keseluruhan dinyatakan valid dengan presentase 85%. Berdasarkan hasil post test siswa diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 86,8286 sedangkan rata-rata kelas eksperimen 92,3611 dengan selisih rata-rata 5,5325 hal ini menujukkan bahwa modul dengan pendekatan berbasis masalah ini efektif digunakan. Hasil uji t-test terhadap hasil post test secara manual menghasilkan nilai t sebesar 2,0056. Dengan menggunakan db = 68, dan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t-tabel sebesar 1,995. Hal ini menunjukkan ada perbedaan antara kelas yang dibandingkan. Sedangkan hasil uji menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,047, yang artinya ada perbedaan antar kelas yang dibandingkan. Dari kedua uji di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan modul dengan pendekatan berbasis masalah pada materi program linear untuk kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung pada proses berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh diharapkan adanya penelitian lanjutan yang mengembangkan produk dengan menambahkan materi lain karena produk pengembangan modul dengan pendekatan berbasis masalah ini hanya terbatas pada materi program linear serta memperhatikan hambatan-hambatan yang dialami sebagai dasar untuk perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Selain itu diharapkan produk ini dapat dijadikan referensi untuk guru dan referensi bagi yang ingin mengembangkan bahan ajar inovatif lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ermawati yuningtyas
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:22
Last Modified: 26 Aug 2015 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item